Hubungan Indonesia-Malaysia Diharapkan Makin Berkembang

Dubes Malaysia bertekad tingkatkan investor RI ke Malaysia

Jakarta, IDN Times - Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Dato Syed Mohamad Hasrin Tengku Hussin mengharapkan agar hubungan Indonesia dan Malaysia yang sudah terjalin baik, akan semakin erat ke depannya.

“Harapannya kerja sama dan hubungan yang telah dijalin selama ini dapat diteruskan agar kedua negara bisa mendapat manfaat dari kerja sama yang telah berjalan,” kata Hasrin, dalam acara informal dengan awak media di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

1. Peran media yang dinilai penting

Hubungan Indonesia-Malaysia Diharapkan Makin BerkembangDuta Besar Malaysia untuk Indonesia Dato Syed Mohamad Hasrin Tengku Hussin. (IDN Times/Sonya Michaella)

Dalam hal ini, peran media pun dianggap cukup penting. Menurut Hasrin, tugas para diplomat dan media pun sama, yakni tugas diplomasi.

“Indonesia dan Malaysia kedua negara yang istimewa, kita harus tahu bagaimana terus bekerja sama ke depan. Agar kedua negara mencapai target yang diinginkan,” ucap dia.

Baca Juga: Malaysia Wajibkan Warga Asing Isi Kartu Kedatangan Elektronik

2. Hubungan bilateral kedua negara sangat baik

Hubungan Indonesia-Malaysia Diharapkan Makin BerkembangPresiden Jokowi bertemu dengan PM Malaysia, Anwar Ibrahim di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Hasrin menuturkan, hubungan bilateral kedua negara keadaannya sangat baik saat ini.

“Tahun ini saja PM Malaysia telah berkunjung ke Indonesia sebanyak tiga kali, Presiden RI telah berkunjung ke Malaysia empat kali. Ini menunjukkan hubungan Indonesia-Malaysia yang erat,” ungkap Hasrin.

Kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Malaysia juga terpantaubaik. Tahun lalu nilai perdagangan mencapai 30 juta dolar AS dan ini adalah nilai yang cukup besar.

“Dari segi investasi, Malaysia nomor lima di Indonesia. Investasi Indonesia di Malaysia kecil dan ini juga salah satu tugas kami untuk menarik investasi Indonesia ke Malaysia,” tuturnya.

Baca Juga: Ribuan WNI di Malaysia Terancam Kehilangan Kewarganegaraanya 

3. Berharap ada peningkatan kunjungan wisatawan Indonesia ke Malaysia

Hubungan Indonesia-Malaysia Diharapkan Makin BerkembangMenara Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara itu, relasi antarmasyarakat Indonesia dan Malaysia pun cukup erat. Hal ini dicontohkan dalam bidang pariwisata.

“Tahun lalu kunjungan 1,4 juta warga Malaysia ke Indonesia dan 1,2 juta warga Indonesia berkunjung ke Malaysia, ini memang masih kecil. Jadi, kita harap tahun ini bisa tercapai peningkatan kunjungan,” katanya.

Di bidang pendidikan, jumlah pelajar Indonesia yang ada di Malaysia berjumlah sekitar 10-11 ribu orang dan jumlah pelajar Malaysia di Indonesia sekitar 1.200 orang.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya