HUT 78 RI, KBRI Bern Gelar Pesta Merdeka

Timnas panjat tebing Indonesia juga ikut hadir

Jakarta, IDN Times - KBRI Bern, Swiss, menggelar Pesta Merdeka dan panggung gembira bagi warga Indonesia yang tinggal di Swiss untuk memperingati HUT ke-78 RI. Acara ini digelar di Wisma Duta RI di Gumligen, Bern, Sabtu (12/8/2023) lalu.

Pekan kemerdekaan ke-78 RI tahun ini cukup istimewa bagi warga Indonesia di Swiss, lantaran dihadiri tamu istimewa yaitu 16 atlet Timnas Panjat Tebing Indonesia.

Atlet muda ini tengah mengikuti IFSC Climbing World Championship di Kota Bern, sejak tanggal 29 Juli hingga 13 Agustus 2023.

Baca Juga: Cerita Warga War Tiket 12 Jam demi Ikut Upacara HUT 78 RI di Istana

1. Digelar lomba khas 17-an

HUT 78 RI, KBRI Bern Gelar Pesta MerdekaKemeriahan Pesta Merdeka KBRI Bern, Swiss. (dok. KBRI Bern)

Suasana kemerdekaan tidak lengkap bila tanpa lomba-lomba khas 17-an, seperti lomba makan kerupuk, balap kelereng, lari bendera, balap karung, hingga tarik tambang.

Tari Poco-poco dan Maumere pun dihadirkan dan ikut diramaikan oleh atlet Timnas serta warga Indonesia, dikutip dari keterangan tertulis KBRI Bern kepada IDN Times, Kamis (17/8/2023).

2. Makanan khas Indonesia menjawab rindu para WNI

HUT 78 RI, KBRI Bern Gelar Pesta MerdekaKemeriahan Pesta Merdeka KBRI Bern, Swiss. (dok. KBRI Bern)

Para warga Indonesia yang ada di Swiss juga menanti-nanti hidangan khas Indonesia yang disajikan, yaitu sate ayam, sate kambing, bakso, batagor, nasi pecel serta masih banyak lagi menu khas Indonesia.

Tenda-tenda makanan terus dipenuhi oleh warga Indonesia yang ingin menuntaskan rindunya terhadap makanan Indonesia.

Pesta Merdeka di Bern tahun ini juga menghadirkan panggung gembira yang diisi oleh musisi dan band Indonesia di Swiss, yakni Baliqustic dan Joesai dari Band Reggae Jameleon. Gaza Ali, penyanyi pendatang baru Indonesia yang tengah menempuh studi di Swiss, juga turut mengisi panggung gembira.

3. Dihadiri ratusan pengunjung tak hanya warga Indonesia

HUT 78 RI, KBRI Bern Gelar Pesta MerdekaKemeriahan Pesta Merdeka KBRI Bern, Swiss. (dok. KBRI Bern)

Pesta Merdeka KBRI Bern tahun ini dipenuhi oleh ratusan pengunjung yang terdiri dari WNI dan pelajar Indonesia yang ada di Swiss, komunitas diplomatik, hingga warga Swiss yang tinggal di Bern dan sekitarnya.

Selain menikmati kuliner Indonesia, para warga asing juga terlihat sangat menikmati hiburan serta ikut serta dalam perlombaan balap karung dan tarik tambang.

Keberhasilan atlet panjat tebing Indonesia dalam meraih medali emas dan medali perunggu pada Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2023, serta tiket ke Olimpiade 2024 menjadi kebanggaan tersendiri bagi KBRI Bern. Berkumandangnya lagi “Indonesia Raya” di Swiss ini telah menjadi kado manis dari Bern untuk Indonesia di HUT ke-78 ini.

Baca Juga: Rangkaian Acara HUT ke-78 RI di Istana, Ada Kirab Bendera Pusaka

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya