Indonesia Akan Kirim Vaksin Polio ke Afghanistan 

Isu Afghanistan jadi bahasan Jokowi dan Sekjen OKI

Jakarta, IDN Times - Kondisi di Afghanistan menjadi salah satu isu yang dibahas dalam pertemuan Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo dengan Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Hissein Brahim Taha di Jakarta, Senin (7/8/2023).

“Sekjen OKI kembali mengapresiasi apa yang terus dilakukan oleh Indonesia untuk membantu kaum perempuan dan anak-anak perempuan Afghanistan agar dapat memperoleh akses pendidikan mereka,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di kompleks Istana Negara, Senin.

Baca Juga: Banjir Bandang di Afghanistan dan Pakistan Renggut Puluhan Jiwa

1. Indonesia kirim bantuan vaksin polio

Indonesia Akan Kirim Vaksin Polio ke Afghanistan Pengungsi menaiki pesawat saat Departemen Pertahanan AS berkomitmen untuk mendukung Departemen Luar Negeri AS dalam keberangkatan personel sipil AS dan sekutu dari Afghanistan, dan untuk mengevakuasi sekutu Afghanistan dengan aman, dalam gambar handout terbaru tanpa tanggal. ANTARA FOTO/Staff Sgt. Brandon Cribelar/U.S. Air Force /Handout via REUTERS/AWW

Selain itu, Retno mengonfirmasi Indonesia akan mengirimkan bantuan vaksin polio bulan ini.

“Dalam pertemuan juga dibahas pentingnya kita untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan kita sampaikan Indonesia di bulan ini akan mulai mengirimkan vaksin polio yang memang kita sudah bahas dengan otoritas Afghanistan untuk memberantas munculnya kembali wabah polio di sana,” ujar Retno lagi.

Baca Juga: AS Minta Taliban Tidak Jadikan Afghanistan Sarang Teroris

2. Partisipasi aktif ulama Indonesia diapresiasi

Indonesia Akan Kirim Vaksin Polio ke Afghanistan KTT OKI di Istanbul, Turki, pada 13 Desember 2017. ANTARA FOTO/REUTERS/Kayhan Ozer

Selain soal pendidikan dan kesehatan, Retno mengungkapkan Sekjen OKI juga mengapresiasi peran aktif para ulama Indonesia.

“Kita berpartisipasi aktif dalam kunjungan ulama OKI ke Afghanistan tahun lalu, kalau tidak salah dan tahun ini sudah direncanakan akan ada kunjungan ulama OKI yang kedua dan Indonesia juga akan berpartisipasi,” ungkap Retno.

Baca Juga: Taliban Larang Salon Kecantikan di Afghanistan

3. Komitmen Indonesia bantu Afghanistan

Indonesia Akan Kirim Vaksin Polio ke Afghanistan Seorang anak yang mengungsi dari provinsi bagian selatan, yang meninggalkan rumah akibat peperangan antara Taliban dengan aparat keamanan Afghanistan, tidur di taman umum yang digunakan sebagai penampungan di Kabul, Afghanistan, Selasa (10/8/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/FOC.

Retno juga selalu membawa isu Afghanistan di pertemuan multilateral. Salah satunya adalah fokus Indonesia memberikan bantuan pendidikan dan kesehatan ke Afghanistan.

“Di bidang pendidikan, Indonesia akan memberikan beasiswa dan capacity building kepada kaum muda Afghanistan termasuk kaum perempuannya. Untuk tahun ini, salah satu fokusnya adalah pemberdayaan di bidang ekonomi," tutur Retno.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya