Comscore Tracker

Indonesia Harap Tak Ada Senjata Nuklir di Perang Rusia-Ukraina

Diharapkan segera ada solusi damai

Jakarta, IDN Times - Ancaman Rusia untuk menggunakan senjata nuklir jika negara-negara Barat terus ikut campur dalam konfliknya dengabn Ukraina juga mendapat perhatian dari Indonesia.

Indonesia berharap agar tak ada penggunaan senjata nuklir dalam perang di Ukraina saat ini.

Baca Juga: Rusia Akan Pertahanakan Wilayah Baru dengan Senjata Nuklir

1. Indonesia berharap segera ada solusi dan tanpa senjata nuklir

Indonesia Harap Tak Ada Senjata Nuklir di Perang Rusia-UkrainaPrajurit Ukraina di Wilayah Donetsk, Ukraina Timur. twitter.com/inside_over

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah mengatakan bahwa Indonesia sangat berharap tak ada penggunaan senjata nuklir di konflik tersebut.

“Saya rasa Indonesia dan negara-negara di dunia pada umumnya berharap agar konflik bisa mencapai satu solusi dan dijauhkan dari penggunaan senjata nuklir,” kata Faizasyah, dalam jumpa pers daring, Jumat (23/9/2022).

Dunia juga harus belajar pengalaman tentang betara destruktifnya dampak penggunaan senjata nuklir dalam Perang Dunia II.

Baca Juga: Rusia Tolak Draf Akhir Deklarasi Pelucutan Senjata Nuklir di PBB 

2. Tanggapan Indonesia soal mobilisasi militer Rusia

Indonesia Harap Tak Ada Senjata Nuklir di Perang Rusia-UkrainaPresiden Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow (dok. Sekretariat Presiden)

Mobilisasi militer ini baru saja diumumkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin kemarin, Rabu (21/9/2022) dan langsung berlaku pada saat itu juga. Akibatnya, sejumlah protes pecah di berbagai kota di Rusia menentang mobilisasi militer ini.

“Kebetulan kami memiliki perwakilan di Ukraina dan Rusia, jadi berbagai perkembangan tentu kami ikuti terutama di wilayah konflik,” ucap Faizasyah lagi.

“Kita juga terus mencermati konflik ini dan juga pernyataan Presiden Rusia,” lanjut mantan Duta Besar RI di Kanada ini.

Baca Juga: Rusia Tuduh Ukraina Tembaki Lagi Pembangkit Nuklir di Zaporizhzhia

3. Menlu RI terus dorong pembahasan soal Ukraina-Rusia

Indonesia Harap Tak Ada Senjata Nuklir di Perang Rusia-UkrainaPresiden Joko "Jokowi" Widodo tiba di Istana Maryinsky, Kyiv dan disambut Presiden Volodymyr Zelenskyy pada Rabu, 29 Juni 2022. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

Faizasyah menambahkan, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang saat ini berada di New York, Amerika Serikat untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB juga tentu akan terus mengangkat isu tersebut.

“Menlu juga sedang berada di New York dan satu kesempatan yang baik untuk melakukan komunikasi serta konsultasi dengan pihak terkait soal konflik Ukraina dan Rusia,” ujarnya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya