Indonesia Hibah Bantuan Renovasi Gedung VIP Bandara Vanuatu

Wamenlu RI berharap RI-Vanuatu bisa kembangkan kerja sama

Jakarta, IDN Times - Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Pahala Mansury mengatakan Indonesia bisa mengembangkan kerja sama pembangunan infrastruktur di Vanuatu.

Hal itu disampaikan Pahala saat mengunjungi Vanuatu. Pahala melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) renovasi gedung VIP di Bandara Port Vila, Vanuatu.

Renovasi gedung itu merupakan bantuan Indonesia. Gedung VIP ini rusak akibat diterjang Siklon Judy dan Kevin pada Maret 2023.

“Sebagai negara yang juga rawan dilanda bencana, Indonesia memahami hal tersebut, dan tegaskan solidaritas terhadap saudara-saudara kita di Vanuatu. 'A friend in need is a friend indeed'," kata Pahala, dalam keterangannya, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga: Menlu RI Terima Menlu Vanuatu, Bakal Buka Kedubes di Jakarta

1. Indonesia berharap bisa berkontribusi di pariwisata Vanuatu

Indonesia Hibah Bantuan Renovasi Gedung VIP Bandara VanuatuWakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury di Vanuatu. (dok. Kemlu RI)

Pahala mengungkapkan, bandara merupakan wajah pertama yang dilihat para tamu dan turis saat berkunjung ke sebuah negara. Pahala berharap, renovasi itu bisa memberikan dampak positif bagi pariwisata Vanuatu.

“Melalui proyek renovasi ini, Indonesia berharap dapat turut berkontribusi terhadap sektor pariwisata Vanuatu,” tutur Pahala.

Pahala berharap proyek renovasi dapat meningkatkan people to people contact antara Indonesia dengan Vanuatu.

Baca Juga: Indonesia Kirimkan Bantuan untuk Vanuatu Senilai Rp7 Miliar

2. 30 pekerja asal Indonesia turut membantu renovasi

Indonesia Hibah Bantuan Renovasi Gedung VIP Bandara VanuatuInstagram.com/ Vanuatu.greatest.nation

Renovasi gedung VIP dilakukan atas bantuan hibah dari pemerintah Indonesia. Sebanyak 30 pekerja asal Indonesia telah berada di Port Vila, Vanuatu untuk memulai proses renovasi.

Desain dari ruang VIP juga akan mencerminkan budaya Indonesia dan Vanuatu.

“Saya berharap masyarakat kita dapat saling mengenal satu sama lain, membangun kesepahaman, dan hubungan yang lebih dekat," ujar Pahala.

Baca Juga: Hancur karena Badai, Vanuatu Desak Resolusi Iklim PBB Segera Disahkan

3. Vanuatu berharap bisa memperkuat kerja sama dengan Indonesia

Indonesia Hibah Bantuan Renovasi Gedung VIP Bandara VanuatuBadai siklon di VanuatuYouTube.com/Democracy Now

Menteri Luar Negeri Vanuatu, Matai Seremaiah mengapresiasi bantuan renovasi dari pemerintah Indonesia ini. Secara khusus, Seremaiah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo dan rakyat Indonesia atas bantuan yang diberikan pasca bencana Siklon Judy dan Kevin.

Ia berharap, proyek ini dapat menjadi awal bagi Indonesia dan Vanuatu untuk dapat memperkuat kerja sama di berbagai bidang. 

Dalam kesempatan tersebut, Pahala juga menyampaikan harapan bahwa proyek renovasi ini dapat membuka jalan bagi Indonesia untuk terlibat dalam pembangunan infrastruktur lain di Vanuatu. Pahala menegaskan kesiapan Indonesia untuk membantu dan meningkatkan kerja sama dengan negara Pasifik lainnya. 

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya