Indonesia-Korsel Kerja Sama Kurangi Krisis Iklim 

Program Plant Our Planet milik Korsel digalakkan di Bogor

Bogor, IDN Times - Duta Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia, Lee Sang Deok mengatakan bahwa mengatasi krisis iklim merupakan salah satu prioritas dalam hubungan Korsel dan Indonesia, yang tahun ini menginjak usia 50 tahun.

"Sejak akhir April lalu, Kementerian Luar Negeri Korsel melakukan kampanye penanaman pohon virtual dan terhubung di dunia nyata untuk menarik perhatian masyarakat dunia untuk mengatasi krisis iklim," kata Lee, dalam acara Plant Our Planet di Pondok Rajeg, Cibinong, Jawa Barat, Kamis (15/6/2023).

"Dalam 1 bulan penanaman pohon virtual tersebu, ada 650 ribu orang yang berpartisipasi dan Indonesia menjadi negara yang warganya paling banyak berpartisipasi," lanjut dia.

Baca Juga: 50 Tahun Indonesia-Korsel, Mengingat Kembali Momen Jokowi dan K-Pop

1. Perusahaan Korsel juga turut berpartisipasi

Indonesia-Korsel Kerja Sama Kurangi Krisis Iklim Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Lee Sang Deok. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain pemerintah dan warga setempat, ternyata sejumlah perusahaan Korsel yang sudah melakukan ekspansi ke Indonesia seperti CJ Entertaiment, Samsung dan LG, juga melakukan penanaman pohon di Indonesia.

"Kegiatan penanaman pohon oleh perusahaan-perusahaan Korsel ini sudah dilakukan bahkan sejak tahun lalu," ungkap Lee.

Baca Juga: Beri Employee Reward 2023, PNM Terbangkan 64 Karyawan ke Korsel

2. Ditanam di tanah tandus bekas TPS

Indonesia-Korsel Kerja Sama Kurangi Krisis Iklim Kampanye Plant Our Planet memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan. (IDN Times/Sonya Michaella)

Kegiatan ini pun terbilang cukup unik lantaran penanaman pohon dilakukan di lahan tandus yang dulunya dipakai sebagai Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

"Namun, masyarakat setempat berupaya untuk merestorasi lokasi yang terbengkalai menjadi bisa bermanfaat. Ini adalah contoh upaya bersama agar bisa memulihkan lingkungan sekitar kita," ujar Lee.

"Hari ini, kita bersama-sama akan menanam pohon yang diharapkan tumbuh subur seperti hubungan Indonesia dan Korsel ke depan yang terus meningkat," katanya.

Baca Juga: Mendag Temui 2 Menteri Utama Arab Saudi, Perkuat Kerja Sama Dagang

3. Ada 2 jenis tanah yang digunakan

Indonesia-Korsel Kerja Sama Kurangi Krisis Iklim Kampanye Plant Our Planet memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, untuk penanaman pohon ini digunakan 2 jenis tanah yaitu biochar yang terbuat dari dedak padi organik.

Bahan kedua adalah pupuk organik yang berasal dari sampah. Kedua bahan yang digunakan ini diharapkan bisa membantu pertumbuhan tanaman yang baru saja ditanam hari ini, agar bisa mengurangi krisis iklim.

 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya