Comscore Tracker

Indonesia Tawarkan Beasiswa untuk Mahasiswa Afghanistan 

Indonesia bekerja sama dengan UIII

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) menawarkan program beasiswa bagi mahasiswa Afghanistan.

Hal ini merupakan bagian dari komitmen Indonesia untuk berkontribusi dalam proses perdamaian dan mempersiapkan pemuda-pemudi Afghanistan untuk membangun negara mereka sendiri.

Baca Juga: Nestapa Perempuan Afghanistan di Satu Tahun Kekuasaan Taliban 

1. Lima beasiswa untuk mahasiswa Afghanistan

Indonesia Tawarkan Beasiswa untuk Mahasiswa Afghanistan Situasi ketika para warga Afghanistan dievakuasi ke tempat yang lebih aman dari Afghanistan yang dijaga oleh pasukan Amerika Serikat. (Twitter.com/DeptofDefense)

Tahun ini, Pemerintah Indonesia dan UIII menawarkan lima beasiswa kepada para pemimpin muda berprestasi dari Afghanistan untuk mengejar gelar Master atau setingkat S2.

“Setiap pemohon berhak menerima perlakuan yang sama tanpa diskriminasi. Minoritas, perempuan dan penyandang disabilitas diperbolehkan untuk melamar,” sebut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri RI, dikutip dari laman resminya, Senin (15/8/2022).

Baca Juga: Gempa di Afghanistan, Kemlu Pastikan Tidak Ada Korban WNI 

2. UIII menawarkan program akademik tingkat S2

Indonesia Tawarkan Beasiswa untuk Mahasiswa Afghanistan Sebagian besar warga Afghanistan memilih kabur dari negaranya setelah kelompok Taliban telah menguasai hampir seluruh wilayah Afghanistan. (Twitter.com/Anthony41806183)

Saat ini, UIII memiliki empat fakultas dan menawarkan program akademik di tingkat Magister (MA). Universitas ini juga memiliki berbagai pusat penelitian dengan agenda penelitian khusus yang menanggapi isu-isu strategis dan tantangan yang terkait masyarakat Muslim di seluruh dunia.

Kurikulum dan proses pembelajarannya disiapkan untuk mengoptimalkan keterampilan kritis dan kreatif. Terlebih, UIII juga dibina dan diawasi oleh anggota fakultas internasional yang terkenal.

Bagi pelamar yang tertarikm diminta untuk menyerahkan dokumen-dokumen berikut ke beasiswa.afg@kemlu.go.id selambat-lambatnya 22 Agustus 2022.

Baca Juga: 5 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Banyak Seleksi, Cukup Satu Tahap Lolos!

3. Indonesia juga kirim bantuan kemanusiaan ke Afghanistan

Indonesia Tawarkan Beasiswa untuk Mahasiswa Afghanistan Ilustrasi penduduk Afghanistan (Pixabay.com/ArmyAmber)

Pada Januari 2022 lalu, Indonesia mengirim dua pesawat berisi bantuan kemanusiaan, yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan asesmen yang dilakukan oleh World Food Programme (WFP).

Indonesia akan terus memperkuat diplomasi kemanusiaan dan berusaha berkontribusi bagi situasi kemanusiaan yang memprihatinkan yang terjadi di berbagai belahan dunia. Safety dan wellbeing rakyat selalu menjadi prioritas perhatian Indonesia. 

Baca Juga: 7 Beasiswa Magang Riset Luar Negeri, Cocok untuk Anak Kuliahan

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya