Comscore Tracker

Inggris Tanam Pohon Gaharu di 70 Tahun Takhta Ratu Elizabeth II 

Penanaman ini dalam rangka 70 tahun takhta Ratu Elizabeth II

Jakarta, IDN Times - Perayaan 70 tahun takhta Ratu Elizabeth II juga dirayakan di Jakarta. Wakil Duta Besar Kerajaan Inggris untuk Indonesia Rob Fenn, menanam pohon Gaharu yang dikenal dengan nama Agarwood di halaman Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.

Penanaman pohon Gaharu ini dilakukan bersama para duta besar dari Australia, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Selandia Baru serta perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan Bappenas. 

Perayaan 70 tahun takhta Ratu Elizabeth II ini juga disebut Platinum Jubilee. Pada bulan Juni nanti, di Inggris dan di seluruh dunia, jutaan orang akan merayakan jasanya. The Queen's Green Canopy atau penanaman pohon adalah salah satu dari banyak acara.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Rayakan 70 Tahun Takhtanya, Terlama dalam Sejarah!

1. Pohon Gaharu lambang persahabatan dengan Indonesia

Inggris Tanam Pohon Gaharu di 70 Tahun Takhta Ratu Elizabeth II Penanaman pohon Gaharu, Peringatan 70 tahun Takhta Ratu Elizabeth II. (IDN Times/Sonya Michaella)

Pohon Gaharu yang asli Indonesia ini dipilih untuk menunjukkan persahabatan yang kuat dan semakin meningkat antara Inggris dan Indonesia serta komitmen kedua negara akan pentingnya perlindungan terhadap hutan.

"Pohon ini digunakan dalam upacara keagamaan, adat dan kadang digunakan untuk wewangian. Kami berharap pohon ini akan berkembang seperti hubungan Inggris dan Indonesia yang berkembang pesat selama 70 tahun terakhir," kata Fenn, kepada awak media di Kedubes Inggris, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Perkembangan hubungan ini, lanjut dia, akan terus maju dan tumbuh bersama.

Baca Juga: 8 Aturan yang Wajib Dipatuhi Semua Anggota Keluarga Kerajaan Inggris

2. Ratu Elisabeth II sosok yang dicintai di seluruh penjuru negeri

Inggris Tanam Pohon Gaharu di 70 Tahun Takhta Ratu Elizabeth II instagram.com/theroyalfamily

Ratu telah menjadi sosok yang sangat dicintai dan dihormati di seluruh dunia. Pemerintahannya yang luar biasa telah melihat perjalanannya lebih luas daripada raja lainnya, melakukan lebih dari 260 kunjungan resmi ke luar negeri, termasuk hampir 100 kunjungan kenegaraan, termasuk ke Indonesia.

Tidak ada yang pernah melakukan banyak hal seperti layaknya Yang Mulia Ratu Inggris Elizabeth II dalam memperkuat ikatan persahabatan, pengertian dan rasa hormat antara Inggris dan seluruh dunia.

3. Inggris bertabur acara rayakan 70 tahun takhta Ratu Elizabeth II

Inggris Tanam Pohon Gaharu di 70 Tahun Takhta Ratu Elizabeth II Ratu Elizabeth dalam rangka perayaan 70 tahun sebagai pemegang takhta kerajaan Inggris. Instagram.com/theroyalfamily

Sementara itu, di Inggris sendiri, sejumlah acara akan memeriahkan perayaan 70 tahun takhta Ratu Elizabeth ini, salah satunya adalah arak-arakan tradisional Inggris.

Selain itu akan ada Parade Ulang Tahun Ratu (Trooping the Colour), Festival Lampu Platinum Jubilee Beacons, Kebaktian Thanksgiving di Katedral St Paul, The Platinum Party at the Palace, sebuah konser live yang dipentaskan oleh BBC.

Tak hanya itu, masih ada acara makan siang Jubilee yang menyatukan komunitas di seluruh negeri, lalu Platinum Jubilee Pageant, menampilkan artis, penari, musisi, personel militer, dan pekerja kunci yang menceritakan kisah pemerintahan Ratu Elizabeth II dalam festival kreativitas.

Baca Juga: Sanksi Baru Inggris Sasar Kekasih dan Mantan Istri Vladimir Putin

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya