Ini Jadwal Rangkaian KTT ASEAN di Labuan Bajo  

Rangkaian KTT akan digelar mulai 8 Mei 2023

Jakarta, IDN Times - KTT ASEAN ke-42 akan segera digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 10-11 Mei 2023. Namun, rangkaian kegiatannya akan digelar mulai 8 Mei 2023.

“Keketuaan Indonesia dijalankan di tengah berbagai tantangan dunia. Rivalitas antara kekuatan besar masih tajam, termasuk di kawasan IndoPasifik. Pertumbuhan ekonomi dunia terus terkoreksi dan secara internal, ASEAN menghadapi situasi di Myanmar,” kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam konferensi pers di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (5/5/2023).

KTT ini akan dihadiri 8 pemimpin negara ASEAN, Sekretaris Jenderal ASEAN, dan Perdana Menteri Timor Leste. Sesuai keputusan para pemimpin ASEAN, Myanmar tidak diundang di level politik, sedangkan Perdana Menteri Thailand absen hadir karena pemilu di Thailand dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan KTT ASEAN.

Baca Juga: PM Thailand Absen di KTT ASEAN Labuan Bajo 

1. Rangkaian KTT ASEAN di Labuan Bajo

Ini Jadwal Rangkaian KTT ASEAN di Labuan Bajo  Potret Labuan Bajo di sore hari. (IDN Times/Sonya Michaella)

Retno memaparkan sejumlah agenda KTT ASEAN yang sedianya akan mulai pada 8 Mei 2023.

“8 Mei 2023 didahului pertemuan CPR (para Duta Besar/Wakil Tetap ASEAN) dan pertemuan SOM. Lalu 9 Mei ada pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN, 10-11 adalah KTT ASEAN itu sendiri,” ungkap Retno.

Sebelum rangkaian tersebut dimulai, terdapat juga pertemuan di tiga pilar utama ASEAN, yaitu APSC, AEC, ASCC. Sebelum KTT ketiga pilar tersebut juga akan melakukan pertemuan.

Baca Juga: Masyarakat NTT Diharapkan mendukung Penyelenggaraan KTT ASEAN  

2. Akan ada 8 pertemuan di KTT ASEAN

Ini Jadwal Rangkaian KTT ASEAN di Labuan Bajo  Bendera negara ASEAN di Bintang Flores, Labuan Bajo. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, di dalam KTT akan ada 8 pertemuan, 7 di antaranya akan dipimpin oleh Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo.

“Pada 10 Mei ada 5 pertemuan, yaitu KTT dalam bentuk pleno, interface dengan AIPA (parlemen), dengan Youth, dengan ABAC (bisnis), dan dengan High Level Task Force,” tutur Retno lagi.

Sementara itu, pada 11 Mei akan ada 3 pertemuan, yaitu KTT dalam bentuk retreat serta 2 pertemuan sub regional, yakni IMG GT (dihadiri Indonesia, Malaysia, Thailand), dan BIMP-EAGA (Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina).

Pada 9 Mei 2023 juga akan ada welcoming dinner para pemimpin ASEAN di Hotel Ayana Labuan Bajo. Kemudian, Jokowi disebut akan melakukan pertemuan bilateral dengan Vietnam, Laos, Timor Leste, dan Malaysia.

Baca Juga: Menkominfo Jamin Internet Lancar Selama KTT ASEAN Labuan Bajo

3. Sebelum KTT akan ada pertemuan Menlu ASEAN

Ini Jadwal Rangkaian KTT ASEAN di Labuan Bajo  Para Menlu ASEAN memakai batik di pertemuan AMM Retreat. (IDN Times/Sonya Michaella)

Retno juga mengungkapkan bahwa sebelum KTT ASEAN akan ada pertemuan Menlu ASEAN pada 9 Mei 2023 yang didahului working dinner pada 8 Mei 2023.

“Akan ada 3 pertemuan, yang pertama pertemuan AMM akan membahas pembangunan komunitas ASEAN, tindak lanjut review dari kesepakatan Leaders mengenai implementasi Lima Poin Konsensus, dan kerja sama dengan mitra,” ujar Retno.

Lalu dilanjutkan dengan pertemuan APSC ke-25 terkait pilar politik keamanan dan ACC ke-33 untuk membahas mengenai penguatan kapasitas ASEAN serta peta jalan Timor Leste.

Baca Juga: Geliat UMKM Labuan Bajo Sambut KTT ASEAN 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya