Istrinya Dituduh Korupsi, PM Spanyol Tetap Bertugas

Pedro Sanchez sempat menimbang bakal resign

Intinya Sih...

  • Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez tetap bertugas di tengah penyelidikan dugaan kasus korupsi yang menimpa istrinya
  • Sanchez mendapat dukungan dari rekan-rekannya dalam pemerintahan koalisi untuk melawan serangan kelompok sayap kanan tersebut

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyatakan, bakal tetap bertugas sebagai PM di tengah penyelidikan dugaan kasus korupsi yang menimpa istrinya, Begona Gomez.

“Tuduhan terhadap istri saya adalah bentuk pelecehan. Saya memutuskan dengan tekad yang semakin kuat untuk melanjutkan tugas sebagai PM Spanyol,” kata Sanchez, dikutip dari BBC, Selasa (30/4/2024).

Keputusannya tetap bertugas tersebut juga sudah diinformasikan kepada Raja Spanyol Felipe VI.

Baca Juga: PM Spanyol Pertimbangkan Resign karena Istrinya Diduga Korupsi

1. Tuduhan korupsi dari kelompok serikat pekerja sayap kanan

Sanchez sempat menulis surat tentang masalah tersebut dan mengunggahnya di media sosial. Dalam surat itu, dia mengatakan perlu berhenti sejenak dan merenung.

"Saya sangat membutuhkan jawaban atas pertanyaan apakah ini bermanfaat, apakah saya harus terus memimpin pemerintahan atau meninggalkan kehormatan ini," tulisnya

Kelompok yang menuduh Gomez korupsi adalah Manos Limpias, serikat pekerja sayap kanan yang kerap menangani kasus hukum untuk mempengaruhi kesepakatan bisnis. Kelompok itu dipimpin Miguel Bernad Remon, tokoh sayap kanan.

Sebagai istri PM, Gomez tidak memegang jabatan publik dan tidak menonjolkan diri dalam politik. Menteri Kehakiman Felix Bolanos menyebut, tuduhan kepada Gomez tersebut salah.

2. Sanchez tuding tuduhan datang dari lawan politik

Sanchez mengatakan bahwa istrinya akan membela kehormatan dari tuduhan yang tidak benar. Istrinya juga akan bekerja sama dengan sistem peradilan sebanyak yang diperlukan untuk menjelaskan fakta-fakta yang jernih.

Sanchez menuduh lawan politiknya Alberto Nunez Feijoo, pemimpin Partai Rakyat yang konservatif dan pemimpin partai sayap kanan Vox, Santiago Abascal, telah bersekongkol dengan Manos Limpias.

Dukungan mengailr untuk Sanchez dari rekan-reknnya. Menteri Lingkungan Hidup Teresa Ribera mengatakan, sebenarnya dalam politik, tidak semuanya berjalan lancar.

3. Sanchez dan istrinya banjir dukungan

Sanchez adalah pemimpin sosialis yang telah menjadi PM Spanyol sejak 2018. Tahun lalu, dia mampu membentuk pemerintahan koalisi dengan sayap kiri untuk memulai masa jabatan empat tahun berikutnya.

Wakil Perdana Menteri Yolanda Díaz secara terbuka mendukung Sanchez untuk melawan serangan kelompok sayap kanan tersebut.

"Serangan sayap kanan ini tidak akan berhasil. Kita perlu membela demokrasi, blok progresif, dan legitimasi pemerintahan koalisi yang telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan kehidupan masyarakat," katanya.

Sanchez merasa bahwa keputusan pengadilan dan sistemnya berjalan dengan baik. Dia masih mempercayainya. Tapi, dia menganggap serangan dari sayap kanan tersebut adalah tindakan melecehkan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya