Jepang Siap Kerja Sama dengan Pemerintahan Prabowo

PM Kishida telepon Prabowo ucapkan selamat

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Indonesia 2024.

Selama kurang lebih 10 menit dalam percakapan telepon, Kishida menyatakan ingin terus bekerja sama agar semakin meningkatkan hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Kishida juga menyampaikan bahwa Jepang dan Indonesia merupakan mitra strategis komprehensif yang berbagi prinsip dan nilai fundamprabowoental yang sama, yang juga memiliki hubungan bersejarah di berbagai bidang.

Kishida juga menyampaikan keinginannya untuk mendorong secara tegas berbagai kerja sama di bidang seperti pembangunan infrastruktur, lingkungan dan energi, pembinaan SDM, serta pertahanan dan keamanan serta juga bekerja sama dalam menangani situasi regional maupun internasional.

 

1. Jepang bakal memperkuat kerja sama dengan pemerintahan baru

Jepang Siap Kerja Sama dengan Pemerintahan PrabowoDuta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masasi Yasushi membenarkan hal tersebut. Memperkuat kerja sama bilateral menjadi salah satu fokus Indonesia dengan pemerintahan baru nanti.

“Kita tentu akan bekerja untuk memperdalam serta meningkatkan kerja sama bilateral dua negara, Jepang dan Indonesia. Saya yakin bahwa presiden terpilih, Prabowo Subianto mampu mengemban tugas barunya, Oktober nanti,” ungkap Yasushi, dalam jumpa pers di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Baca Juga: Prabowo-Gibran Menang, Investasi di Indonesia Dinilai Akan Bergairah

2. Prabowo-Gibran menang pemilu 2024

Jepang Siap Kerja Sama dengan Pemerintahan PrabowoGibran unggah foto berpelukan dengan Prabowo di Kertanegara (instagram.com/gibran_rakabuming)

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memenangkan kontestasi pemilu 2024 dengan meraih 96.214.691 suara dari jumlah suara sah secara nasional sebanyak 164.227.475 suara.

Menanggapi hal tersebut, Prabowo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Indonesia. Ia pun memastikan Prabowo-Gibran akan menjadi presiden dan wakil presiden untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Sekali lagi saya katakan kita dipilih oleh rakyat Indonesia, mandat rakyat Indonesia di tangan kami, tapi kami akan jadi presiden-wakil presiden, pemerintah untuk seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya di Kertanegara, semalam.

3. Berharap seluruh rakyat Indonesia bergandengan tangan

Jepang Siap Kerja Sama dengan Pemerintahan PrabowoCapres dan Cawapres Nomor Urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (YouTube/Prabowo Gibran)

Setelah Pemilu ini, Menteri Pertahanan itu berharap masyarakat Indonesia kembali bersatu dan saling bergandengan tangan untuk menyongsong masa depan.

“Pemilu sudah selesai, semua pilihan rakyat harus kita hormati, yang pilih 02,01,03 kita hormat, kita bersatu. Semoga niat baik semua unsur akan terlihat dan perjuangan kita diridoi oleh Tuhan,” ujarnya.

Baca Juga: Pembahasan Porsi Menteri di Kabinet Prabowo Dinilai Terlalu Dini

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya