Joe Biden Absen di KTT ASEAN Jakarta

Tapi, Biden hadir di KTT G20 di India

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menghadiri KTT G20 di India, pada 7-10 September 2023 mendatang. Dengan jadwal kunjungan ini, Biden dipastikan absen di KTT ASEAN yang digelar di Jakarta, 5-7 September 2023.

“Wakil Presiden Kamala Harris akan ke Jakarta pada 4-7 September 2023 untuk menghadiri KTT ASEAN,” kata Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, dikutip dari Straits Times, Rabu (23/8/2023).

1. Komitmen AS terhadap Indo Pasifik dipertanyakan

Joe Biden Absen di KTT ASEAN JakartaJake Sullivan, Penasihat Keamanan Nasional (twitter.com/HanVoice)

Ketidakhadiran Biden di KTT ASEAN juga dinilai mengecewakan para mitranya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, sebagai tuan rumah. Komitmen AS terhadap Indo Pasifik pun kini dipertanyakan, di tengah pengaruh China yang makin meluas.

“Keterlibatan AS dengan Indo Pasifik telah ditekankan sejak 2021,” tegas Sullivan.

Mengutip Biden, Sullivan pun mengungkapkan bahwa rekor pencapaian komitmen AS di Indo Pasifik di era Biden bisa dibandingkan dengan pencapaian presiden AS lain.

Baca Juga: Presiden Joe Biden Disebut Bakal Absen di KTT ASEAN Jakarta 

2. KTT ASEAN digelar dua pekan lagi

Joe Biden Absen di KTT ASEAN JakartaPresiden RI Joko Widodo mengajak para pemimpin ASEAN melihat sunset Labuan Bajo. (dok. Agus Suparto/Istana Presiden)

KTT ASEAN ke-43 akan digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada 5-7 September 2023. Pertemuan akan diawali dengan Senior Officials Meeting pada 3 September 2023.

Adapun rangkaian acara akan dilanjutkan pada 5 September yang merupakan KTT ASEAN, dengan format plenary dan retreat. Lalu tanggal 6 September adalah KTT ASEAN dengan berbagai negara mitra, dilanjutkan hingga 7 September.

3. Biden tekankan komitmen kerja sama dengan Indonesia

Joe Biden Absen di KTT ASEAN JakartaPresiden RI Joko Widodo dan Presiden AS Joe Biden bertemu di Bali. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Biden juga sempat mengangkat soal kerja sama dan komitmen AS dengan Indonesia saat mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 kepada Presiden RI Joko Widodo, beberapa waktu lalu.

“Bersama-sama, negara kita mendorong masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan,” ucap Biden.

Baca Juga: Joe Biden Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan RI kepada Jokowi 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya