Presiden Joe Biden Disebut Bakal Absen di KTT ASEAN Jakarta 

Namun, Biden sudah konfirmasi hadir di KTT G20 India

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disebut tidak akan menghadiri gelaran KTT ASEAN ke-43 di Jakarta pada 5-7 September 2023. Sebagai gantinya, Biden dikabarkan akan mengirim Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Melansir Bangkok Post, salah satu sumber Gedung Putih mengatakan AS sudah memberitahu Indonesia soal ketidakhadiran Biden di KTT ASEAN bulan depan.

Namun, Biden dipastikan akan menghadiri KTT G20 yang digelar di India pada 9-10 September 2023. Biden juga akan mengunjungi Vietnam dalam waktu dekat.

“Kami masih mengusahakan (kehadiran),” kata sumber tersebut, dikutip dari Bangkok Post, Jumat (11/10/2023).

Sumber lain mengatakan jadwal kunjungan luar negeri Biden akan diumumkan secepatnya dan bisa saja berubah dari rencana awal.

Baca Juga: Jelang KTT ASEAN, Satpol PP DKI Maksimalkan Pengamanan

1. Jawaban Jokowi soal kepastian hadirnya Biden di KTT ASEAN

Presiden Joe Biden Disebut Bakal Absen di KTT ASEAN Jakarta Presiden RI Joko Widodo di ASEAN Secretariat. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo mengatakan konfirmasi kehadiran kepala negara masih dalam proses, termasuk kehadiran dari Biden.

“Semuanya masih proses, konfirmasinya masih proses,” kata Jokowi, beberapa waktu lalu usai hadir di perayaan HUT ASEAN ke-56 di Jakarta.

Baca Juga: Joe Biden Larang Pengusaha AS Investasi Teknologi di China

2. Kemlu RI belum bisa menyampaikan siapa saja yang hadir

Presiden Joe Biden Disebut Bakal Absen di KTT ASEAN Jakarta Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Reza Suryodipuro (kanan), menyampaikan hasil SOM saat Press Briefing di Media Center KTT ke-42 ASEAN, di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, NTT, Senin (8/5/2023). (Dok. Kemlu RI)

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Sidharto Suryodipuro mengatakan konfirmasi kehadiran para pemimpin negara ASEAN dan negara mitra, masih dalam proses.

“Untuk konfirmasi resmi belum bisa disampaikan karena ini masih berproses. Soal kepala negara, pembahasan lewat jalur diplomatik terus dilakukan, jawaban resmi dalam waktu dekat akan kita terima,” kata Arto, sapaan akrabnya, kepada awak media, Jumat (11/10/2023).

Baca Juga: Presiden Korsel Akan Hadiri KTT ASEAN Jakarta

3. KTT ASEAN akan digelar 5-7 September 2023

Presiden Joe Biden Disebut Bakal Absen di KTT ASEAN Jakarta Bendera ASEAN dan mitra wicara di Hotel Shangri-La, Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Arto melanjutkan, KTT ASEAN ke-43 akan digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada 5-7 September 2023. Pertemuan akan diawali dengan Senior Officials Meeting pada 3 September 2023.

“Tanggal 5 September itu KTT ASEAN, baik formatnya plenary dan retreat. Lalu tanggal 6 September itu KTT ASEAN dengan berbagai negara mitra, lalu tanggal 7 September masih lanjutan KTT ASEAN dengan berbagai negara mitra,” ujar Arto lagi.

Ia menambahkan bahwa dalam KTT seperti ini juga akan terjadi berbagai pertemuan bilateral antar pemimpin yang hadir.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya