Comscore Tracker

Joe Biden Ucapkan Selamat HUT Kemerdekaan ke-77 RI

Biden mengatakan AS dan Indonesia adalah mitra strategis

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat atas perayaan HUT RI ke-77 kepada Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo dan rakyat Indonesia.

“Bapak Presiden yang terhormat, atas nama AS dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan rakyat Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan pada 17 Agustus,” kata Biden, dikutip dari ANTARA, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Atasi Inflasi, Joe Biden Teken UU Pajak, Iklim dan Kesehatan 

1. AS dan Indonesia punya visi dan misi serupa

Joe Biden Ucapkan Selamat HUT Kemerdekaan ke-77 RIPresiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden melambaikan tangan kepada wartawan sebelum masuk ke pesawat kampanye menjelang perjalanan menuju North Carolina, di Bandara Newscastle di Newcastle, Delaware, Amerika Serikat, Minggu (18/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner)

Dalam pesannya, Biden mengatakan bahwa sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, AS dan Indonesia dibangun di atas visi yang serupa, yaitu Bhinneka Tunggal Ika dan E Pluribus Unum.

“Moto kedua negara, menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antar masyarakat yang beragam,” ucap Biden. E Pluribus Unum adalah semboyan atau moto AS, dari bahasa Latin yang berarti “Dari banyak menjadi satu”.

Baca Juga: Menlu Wong: Australia Salah Satu Pendukung Pertama Kemerdekaan RI 

2. Indonesia adalah mitra strategis AS

Joe Biden Ucapkan Selamat HUT Kemerdekaan ke-77 RIPresiden Amerika Serikat, Joe Biden (twitter.com/President Biden)

Biden juga mengatakan bahwa AS menantikan kerja sama yang dilakukan kedua negara untuk memajukan komitmen bersama terkait demokrasi dan bekerja untuk kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera.

“AS merayakan hari yang membahagiakan ini bersama Bapak (Jokowi) sebagai sahabat dan mitra strategis Indonesia,” lanjut Biden.

Baca Juga: Upacara Penurunan Bendera HUT ke-77 RI Selesai, Jokowi Salam Namaste

3. Menlu AS Antony Blinken juga mengucapkan selamat atas HUT RI ke-77

Joe Biden Ucapkan Selamat HUT Kemerdekaan ke-77 RIMenteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di G20 FMM. (dok. Kemlu RI)

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengucapkan HUT RI ke-77. Ia juga menyatakan kebanggaannya atas sejarah panjang persahabatan dan kerja sama antara AS dan Indonesia.

“Saya menyaksikan secara langsung kekuatan hubungan kami dan pentingnya kemitraan Strategis AS-Indonesia ketika saya mengunjungi Jakarta pada Desember 2021 dan Bali pada Juli 2022,” kata Blinken.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya