Jokowi Akan Pimpin 12 Pertemuan di KTT ASEAN Jakarta

KTT ASEAN ke-43 akan digelar 5-7 September 2023

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo bakal memimpin 12 pertemuan selama gelaran KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. Rangkaian pertemuan digelar selama 5-7 September 2023 mendatang. 

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Suryodipuro mengungkapkan, Jokowi akan memimpin berbagai pertemuan dengan berbagai negara mitranya itu sendiri, baik dalam format pleno maupun retreat di KTT ASEAN.

“Ada dengan China, Korea, Jepang, Amerika Serikat, India, Kanada, Australia, ASEAN Plus Three, PBB, dan East Asia Summit,” kata Arto, sapaan akrabnya, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (11/8/2023).

“Presiden juga akan memimpin kegiatan nonpersidangan seperti pembukaan Forum ASEAN Indo-Pasifik, welcoming dinner, upacara penutupan serta penyerahan keketuaan ASEAN dari Indonesia ke Laos,” lanjut Arto.

Baca Juga: Presiden Joe Biden Disebut Bakal Absen di KTT ASEAN Jakarta 

1. Rangkaian KTT diawali dengan pertemuan SOM

Jokowi Akan Pimpin 12 Pertemuan di KTT ASEAN JakartaDirektur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Suryodipuro. (IDN Times/Sonya Michaella)

Arto melanjutkan, pertemuan akan diawali dengan Senior Officials Meeting pada 3 September 2023, kemudian pertemuan para Menlu ASEAN pada 4 September 2023 untuk mematangkan dokumen-dokumen di KTT.

“Tanggal 5 September itu KTT ASEAN, baik formatnya plenary dan retreat. Lalu tanggal 6 September itu KTT ASEAN dengan berbagai negara mitra, lalu tanggal 7 September masih lanjutan KTT ASEAN dengan berbagai negara mitra,” ujar Arto lagi.

Dalam KTT seperti ini, ujarnya, juga akan digelar berbagai pertemuan bilateral antarpemimpin yang hadir.

Baca Juga: Pegawai Swasta di Jakarta Diimbau WFH Selama Gelaran KTT ASEAN

2. Daftar pemimpin yang hadir belum bisa dikonfirmasi

Jokowi Akan Pimpin 12 Pertemuan di KTT ASEAN JakartaDirjen Kerja Sama ASEAN Kemlu RI, Sidharto Suryodipuro. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Arto mengatakan konfirmasi kehadiran para pemimpin negara ASEAN dan negara mitra, masih dalam proses.

“Untuk konfirmasi resmi belum bisa disampaikan karena ini masih berproses. Soal kepala negara, pembahasan lewat jalur diplomatik terus dilakukan, jawaban resmi dalam waktu dekat akan kita terima,” kata Arto. 

3. Joe Biden dikabarkan tidak hadir di KTT ASEAN Jakarta

Jokowi Akan Pimpin 12 Pertemuan di KTT ASEAN JakartaJoe Biden bersama Joko Widodo dan pemimpin ASEAN lainnya (Twitter.com/Joko Widodo)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disebut tidak akan menghadiri gelaran KTT ASEAN ke-43 yang akan dihelat di Jakarta. Sebagai gantinya, Biden dikabarkan akan mengirim Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Salah satu sumber Gedung Putih mengatakan bahwa AS sudah memberitahu Indonesia soal ketidakhadiran Biden di KTT ASEAN bulan depan. Namun, Biden dipastikan akan hadir di KTT G20 yang digelar di India pada 9-10 September 2023.

“Kami masih mengusahakan (kehadiran),” kata sumber tersebut, dikutip dari Bangkok Post, Jumat (11/10/2023).

Sumber lain mengatakan bahwa jadwal Biden ke Asia akan diumumkan secepatnya dan bisa saja berubah dari rencana awal.

Baca Juga: Menlu Retno: Kapal ASEAN akan Terus Berlayar

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya