Jokowi ke Kenya, Menlu: Perkuat Relasi Negara Berkembang

Jokowi ajak Kenya perkokoh Bandung Spirit

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, mengungkapkan sejumlah tujuan utama kunjungan Presiden Joko “Jokowi” Widodo ke Afrika. Negara yang pertama kali Jokowi sambangi adalah Kenya.

“Dua tujuan utama ke Kenya adalah memperkuat soliditas dan kerja sama antara negara berkembang, antara negara dari Global South, sesuai dengan spirit Bandung. Kedua, memperkuat kerja sama ekonomi, karena kita tahu pasti bahwa potensi yang dimiliki oleh kedua negara cukup besar,” kata Retno, dalam keterangannya, Senin (21/8/2023).

Lawatan ke Kenya adalah kunjungan kenegaraan pertama Jokowi dalam 44 tahun hubungan kedua negara. Retno menambahkan, kedua negara juga memiliki kedekatan historis sebagai sesama anggota Gerakan Non-Blok yang mewarisi Bandung Spirit.

Jokowi pun telah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Kenya, William Ruto. Dari Kenya, Jokowi kini terbang menuju Tanzania.

1. Indonesia mitra dagang kedua terbesar bagi Kenya di kawasan ASEAN

Retno memaparkan, Indonesia adalah mitra dagang kedua terbesar Kenya di Asia Tenggara, serta Kenya adalah mitra dagang kelima terbesar Indonesia di Afrika Sub-Sahara.

“Untuk lebih meningkatkan perdagangan kedua negara, Bapak Presiden mendorong dibentuknya Preferential Trade Agreement (PTA) dengan Kenya. PTA ini sangat penting untuk mengurangi hambatan-hambatan perdagangan, sehingga perdagangan kedua negara dapat lebih diperkuat,” ujar Retno.

Perdagangan bilateral kedua negara disebutkan naik rata-rata 17 persen per tahun selama lima tahun terakhir, dan tahun lalu mencapai lebih dari 500 juta dolar AS.

Baca Juga: Menyelami 44 Tahun Hubungan Indonesia-Kenya

2. Kerja sama ketahanan kesehatan antara Indonesia dan Kenya

Jokowi ke Kenya, Menlu: Perkuat Relasi Negara BerkembangPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden Kenya, William Ruto (dok. Sekretariat Presiden)

Selain perdagangan dan investasi, Jokowi dan Ruto juga sepakat kerja sama saling dukung dalam upaya membangun ketahanan kesehatan.

“Beberapa kerja sama yang dilakukan antara lain adalah kerja sama antara Badan POM dua negara, kerja sama Biofarma dengan BioVax dan Generics Africa Ltd, dan kerja sama PT Combiphar dan TRAC Eco Pharma LTD di bidang farmasi,” ungkap Retno. 


“Bapak Presiden mendorong agar kerja sama ini diperluas untuk produk obat dan farmasi lainnya, karena Bapak Presiden paham betul bahwa potensi peningkatan kerja sama untuk ekspansi pasar obat dan produk farmasi lainnya sangat besar di Kenya,” lanjut dia.

3. Jokowi ajak Kenya memperkokoh Bandung Spirit

Jokowi ke Kenya, Menlu: Perkuat Relasi Negara BerkembangPresiden Joko "Jokowi" Widodo tiba di Republik Kenya, Minggu (20/8/2023) ( Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Tak hanya soal bilateral, Jokowi juga mengajak Kenya untuk memperkokoh kembali Bandung Spirit dengan memajukan kolaborasi negara-negara Global South.

“Sudah saatnya suara dan kepentingan negara berkembang lebih didengar, termasuk kepentingan untuk melakukan lompatan pembangunan untuk kesejahteraan yang lebih baik bagi rakyat negara-negara berkembang,” tutup Retno.

Baca Juga: Begini Peran Luhut di Balik Layar Kunjungan Jokowi ke Kenya

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya