Jokowi Pimpin 2 Pertemuan di KTT ASEAN Hari Terakhir

2 pertemuan itu adalah KTT bentuk retreat dan IMG-GT

Jakarta, IDN Times - Hari kedua pelaksanaan KTT ASEAN ke-42 digelar hari ini. Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo akan memimpin 2 dari 3 pertemuan di rangkaian KTT tersebut.

“Hari ini merupakan hari kedua dan hari terakhir dari KTT ASEAN ke-42. Dua pertemuan yang dipimpin Presiden adalah KTT ASEAN itu sendiri dalam bentuk retreat KTT IMT-GT (bersama Malaysia dan Thailand),” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah, dalam keterangannya, Kamis (11/5/2023).

Sementara, satu pertemuan yaitu BIMP-EAGA akan dimpimpin oleh Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim karena keketuaan BIMP-EAGA kini dipegang oleh Malaysia.

Baca Juga: Jokowi Goyang Gemu Famire di Welcoming Dinner KTT ASEAN

1. Ada 5 pertemuan di hari pertama

Jokowi Pimpin 2 Pertemuan di KTT ASEAN Hari TerakhirHotel Meruorah, lokasi digelar KTT ASEAN di Labuan Bajo. (dok. Youtube Setpres RI)

Pada pelaksanaan hari pertama KTT ASEAN, yaitu Rabu 10 Mei 2023 kemarin, ada 5 pertemuan yang dipimpin oleh Jokowi.

Pertemuan tersebut adalah Opening and Plenary Session, pertemuan dengan Parlemen ASEAN, pertemuan dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council, pertemuan dengan Pemuda ASEAN, serta pertemuan dengan High Level Task Force on ASEAN Community’s Post 2025 Vision.

Baca Juga: Jokowi Yakin ASEAN Bisa Jadi Pemain Sentral Bawa Perdamaian  

2. Jokowi yakin ASEAN bisa jadi pemain sentral

Jokowi Pimpin 2 Pertemuan di KTT ASEAN Hari TerakhirPresiden RI Joko Widodo di KTT ASEAN Labuan Bajo. (dok. Youtube Setpres RI)

Dalam pidato pembukaannya kemarin, Jokowi menegaskan bahwa  Indonesia yakin dan percaya bahwa ASEAN bisa menjadi motor perdamain asalkan ada persatuan.

“Saat ini ekonomi global belum sepenuhnya pulih, rivalitas semakin tajam, dinamika dunia semakin tidak terprediksi. Pertanyaannya, apakah ASEAN hanya akan jadi penonton dan diam? Apakah ASEAN mampu jadi motor perdamaian dan pertumbuhan,” kata Jokowi, dalam pidato pembukaannya.

“Dengan persatuan, ASEAN akan mampu jadi pemain sentral dengan membawa perdamaian dan pertumbuhan,” ucap Jokowi.

Baca Juga: RI Kuasai 40 Persen Pasar Ekonomi Digital ASEAN, Bakal Tembus US$360 M

3. ASEAN punya aset kuat

Jokowi Pimpin 2 Pertemuan di KTT ASEAN Hari TerakhirIlustrasi ASEAN Indonesia 2023 (IDN Times/Trio Hamdani)

Jokowi juga mengungkapkan bahwa ASEAN punya aset yang kuat sebagai pusat pertumbuhan, ekonomi yang tumbuh jauh dari rata-rata pertumbuhan dunia serta bonus demografi dan kestabilan yang terjaga.

“ASEAN harus makin memperkuat kerja sama ekonomi, kerja sama inklusif, termasuk implementasi RCEP, memperkokoh arsitektur kesehatan, pangan, energi dan stabilitas keuangan,” tuturnya.

“Mari bekerja keras untuk menjadikan ASEAN Matters, Epicentrum of Growth,” tegas Jokowi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya