Jokowi-PM Timor Leste Bertemu, Bahas Keanggotaan ASEAN 

Roadmap Timor Leste segera diadopsi besok

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo dan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak sepakat membentuk Joint Working Group yang akan mempersiapkan pengembangan kawasan ekonomi di perbatasan kedua negara.

“Kita melihat semakin banyaknya investasi kedua negara. Oleh karena itu, Indonesia mengusulkan agar BIT dapat segera dibentuk atau mulai dibahas antara kedua negara,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dalam konferensi pers di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023).

Selain itu, kedua pemimpin juga membahas soal pentingnya menyelesaikan perundingan batas darat.

1. Bicarakan soal keanggotaan Timor Leste di ASEAN

Jokowi-PM Timor Leste Bertemu, Bahas Keanggotaan ASEAN Menlu Timor Leste perdana ikut pertemuan Menlu ASEAN. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, Jokowi dan Taur juga membicarakan soal keanggotaan Timor Leste di ASEAN.

“Bapak Presiden menyampaikan bahwa selama Keketuaan Indonesia ini, roadmap untuk Timor-Leste agar menjadi anggota penuh akan disepakati,” ujar Retno lagi.

“Diharapkan agar Timor-Leste dapat segera memenuhi kriteria-kriteria yang ada di roadmap yang besok akan diadopsi, sehingga akan dapat menjadi anggota penuh ASEAN,” lanjut dia.

Baca Juga: KTT ASEAN-RoK, Jokowi: Ekonomi Hijau Kunci Masa Depan ASEAN

2. PNS Timor Leste bakal magang di Kemlu RI

Jokowi-PM Timor Leste Bertemu, Bahas Keanggotaan ASEAN Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Suryodipuro. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Sidharto Suryodipuro mengatakan bahwa 30 PNS Timor Leste ini nantinya bakal berpartisipasi di berbagai kementerian di Indonesia, terutama yang akan menyelenggarakan pertemuan terkait ASEAN.

“Beberapa PNS Kemlu Timor Leste nantinya akan magang di Kemlu RI, demikian juga dengan pegawai dari kementerian terkait Timor Leste yang akan ditempatkan di kementerian Indonesia,” ujar Arto.

“Harapan kami ini akan membantu upaya mereka dan memahami berbagai kewajiban yang ada di dalam perjanjian,” lanjut dia.

3. Kelompok kerja ACC untuk memetakan keanggotaan Timor Leste

Jokowi-PM Timor Leste Bertemu, Bahas Keanggotaan ASEAN Menlu ASEAN di ASEAN Coordinating Council, Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Para Menlu ASEAN juga telah mengesahkan mandat berupa kelompok kerja di bawah ASEAN Coordinating Council atau ACC yang akan bertugas membahas peta jalan untuk keanggotaan penuh Timor Leste.

Keanggotaan Timor Leste juga bakal menjadi salah satu isu yang dibahas di KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

Baca Juga: Jelang KTT ke-42 ASEAN, 253 Jurnalis Terverifikasi Meliput Kegiatan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya