Ketua DPR AS Nancy Pelosi Mengundurkan Diri 

Ia meminta generasi baru memimpin Demokrat

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi memutuskan untuk mengundurkan diri. Keputusan ini diambil usai Partai Republik menang di pemilihan umum sela Amerika Serikat.

Partai Republik menang mayoritas di DPR dan Partai Demokrat memegang kendali senat. Mereka memperoleh 218 kursi dan Partai Demokrat memperoleh 211 kursi. Meski sisa enam kursi, namun tidak mempengaruhi hasil saat itu.

Baca Juga: Menang Pemilu Sela AS, Partai Republik Janji Perbaiki Perpecahan

1. DPR AS jantung demokrasi Amerika

Ketua DPR AS Nancy Pelosi Mengundurkan Diri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat Nancy Pelosi (D-CA) bereaksi pada konferensi pers setelah sidang Dewan memilih dua pasal pemakzulan terhadap Presiden Donald Trumo di U.S. Capitol di Washington, Amerika Serikat, pada 18 Desember 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst

Dilansir dari NBC, Jumat (18/11/2022), Pelosi mengatakan akan tetep berada di Kongres untuk mewakili San Fransisco di DPR. “DPR adalah tanah suci dan jantung demokrasi Amerika,” kata Pelosi ketika mengumumkan pengunduran diri.

“Demokrasi Amerika itu agung tapi rapuh. Banyak dari kita di sini menyaksikan kerapuhan, di ruangan ini. Jadi demokrasi harus selamanya dipertahankan dari kekuatan yang ingin merusaknya,” ucap Pelosi, menyinggung serangan pada Capitol.

Baca Juga: Pemilu Sela AS, Elon Musk Serukan Warga Coblos Partai Republik

2. Banyak perempuan yang duduk di DPR

Ketua DPR AS Nancy Pelosi Mengundurkan Diri Ketua DPR AS Nancy Pelosi. (Twitter.com/Nancy Pelosi)

Selain itu, Pelosi juga menyinggung peningkatan jumlah perempuan yang duduk di kursi DPR sejak dirinya menjabat sebagai ketua DPR.

“Saya berterima kasih kepada keluarga di sini dan seluruh staf saya. Hari baru akan segera tiba,” ucap Pelosi.

Baca Juga: 8 Tindakan China untuk Menghukum AS usai Nancy Pelosi Kunjungi Taiwan

3. Partai Republik menang mayoritas di DPR

Ketua DPR AS Nancy Pelosi Mengundurkan Diri Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara kepada wartawan di pesawat Air Force One saat ia kembali dari New Hampshire ke Washington, Amerika Serikat, Jumat (28/8/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria)

Partai Republik yang memenangi pemilu sela AS, menyatakan akan berusaha mengembalikan pemerintahan yang terpecah saat Partai Demokrat menguasai kursi DPR periode sebelumnya.

Mengutip Reuters, calon Ketua DPR yang dipilih Partai Republik, Kevin McCharty mengatakan bahwa Partai Republik siap mewujudkan arah baru untuk masyarakat Amerika. 

"Orang Amerika siap untuk arah baru, dan House Republicans siap untuk mewujudkannya," cuit McCharty melalui akun Twitter resminya @kevinomccharty, Rabu (16/11/2022).

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya