KJRI Penang Kawal Proses Hukum Penculikan WNI

Penculikan ini didasari masalah utang piutang

Jakarta, IDN Times - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, mengonfirmasi KBRI Kuala Lumpur sempat menerima laporan soal penculikan WNI di Malaysia. Laporan tersebut diterima pada 14 September 2023 lalu.

"KBRI KL menerima pengaduan penculikan dan penyiksaan terhadap seorang WNI dengan inisial F. KBRI segera lakukan pendalaman atas laporan tersebut, dilanjutkan dengan melaporkannya ke Polis Diraja Malaysia (PDRM)," kata Judha, dalam keterangannya, Senin (25/9/2023).

WNI berjenis kelamin perempuan ini diculik sejak 7 September 2023 dan dimintai tebusan sekitar 540 Ringgit atau setara dengan Rp1,7 miliar.

"Setelah diselidiki, penculikan dan penyiksaan tersebut terkonfirmasi terjadi di wilayah Penang. Dan KBRI bekerja sama dengan KJRI Penang untuk kasus ini," ujar Judha.

1. Sudah berhasil dibebaskan

KJRI Penang Kawal Proses Hukum Penculikan WNIDirektur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha (IDN Times/Sonya Michaella)

Dengan kerja sama antara KJRI Penang dan Kepolisian Malaysia, F berhasil diselamatkan pada 15 September 2023.

"Kepolisian meminta F untuk menunjukkan mana saja orang-orang yang diduga terlibat dalam penculikan tersebut. Dari 13 orang yang telah ditunjukkan oleh Polisi, F dapat mengenali 10 orang tersangka," ungkap Judha.

Baca Juga: Kronologi Kasus Pembunuhan Warga Aceh oleh Paspampres Diawali Penculikan

2. KJRI Penang akan monitor proses hukum pelaku

KJRI Penang Kawal Proses Hukum Penculikan WNIIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Judha menyatakan pada 22 September 2023, setelah pemeriksaan selesai, F diserahkan PDRM ke KJRI Penang untuk ditampung di shelter KJRI Penang.

"Saat ini, F dalam kondisi baik dan dalam proses pemulihan luka memar. KJRI Penang akan terus mendampingi F dan memonitor proses hukum di Malaysia," tutur Judha.

3. Sebanyak 14 orang penculik telah ditangkap

KJRI Penang Kawal Proses Hukum Penculikan WNIIlustrasi Penculikan/Penyekapan (Tawanan) (IDN Times/Mardya Shakti)

Di hari yang sama F diselamatkan, setidaknya 14 orang juga ditangkap. Mereka diduga merupakan komplotan penculikan F.

Setelah ditelusuri, dalang dari penculikan ini adalah warga Malaysia yang merupakan mitra bisnis suami korban, yang gagal melunasi utangnya.

Baca Juga: Upaya Penculikan Wanita di Padang Ternyata Sudah 2 Kali Dilakukan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya