KTT ASEAN di Labuan Bajo, Jokowi Cek Bandara dan Hotel 

Menlu Retno Marsudi juga mendampingi

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memaparkan bahwa Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo baru saja melakukan pengecekan persiapan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo. KTT ASEAN ke-42 akan digelar mulai 10-11 Mei 2023.

"Beberapa hal selama pengecekan persiapan yang saya laporkan kepada Bapak Presiden antara lain, pertama, mengenai persiapan substansi. Saya sampaikan pada Bapak Presiden bahwa secara total 2 hari, akan ada delapan pertemuan," kata Retno, Selasa (25/4/2023).

Retno menjelaskan, di hari pertama akan ada 5 pertemuan dan di hari kedua ada tiga pertemuan.

Baca Juga: Menlu Retno Cek Kesiapan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo 

1. Jokowi cek lokasi KTT

KTT ASEAN di Labuan Bajo, Jokowi Cek Bandara dan Hotel Ilustrasi ASEAN Indonesia 2023 (IDN Times/Trio Hamdani)

Sementara, Retno memaparkan bahwa Jokowi juga melakukan pengecekan lokasi KTT, di mana ia akan menerima sembilan kepala negara ASEAN.

"Jadi semua pertemuan dilakukan di satu titik dan Bapak Presiden sudah memeriksa secara keseluruhan. Selain itu, Bapak dan Ibu Negara juga berkesempatan untuk melakukan pengecekan terakhir bagi tempat di mana akan dilakukan spouse program," tutur Retno.

Baca Juga: Jelang KTT ASEAN, Menhub Cek Bandara dan Pelabuhan di Labuan Bajo

2. Cek kesiapan bandara

KTT ASEAN di Labuan Bajo, Jokowi Cek Bandara dan Hotel Bandara Internasional Komodo. (dok. Kemenhub)

Jokowi dan Retno juga mengecek kesiapan Bandara Komodo, di mana sudah dibuka dua jalur, yaitu jalur internasional dan jalur ketibaan domestik.

"Jadi akan ada fasilitas untuk imigrasi dan juga fasilitas untuk conveyer belt yang khusus akan menerima barang-barang dari kunjungan yadari luar negeri. Jadi, persiapan bandara akan terus dilakukan termasuk tanda-tanda utk penyelenggaraan KTT ASEAN. Jadi sekali lagi, pengecekan dilakukan secara detail," ucap Retno.

Baca Juga: KTT ASEAN Indonesia 2023 Berlangsung 2 Kali di Labuan Bajo dan Jakarta

3. Cek kesiapan hotel yang ditinggali para kepala negara

KTT ASEAN di Labuan Bajo, Jokowi Cek Bandara dan Hotel Pixabay.com/Rinaagtiana

Selain itu, pengecekan hotel-hotel yang bakal ditinggali oleh para kepala negara juga dilakukan.

"Jadi arahan Bapak Presiden adalah jelas agar diutamakan hospitality yang baik dan juga dijaga kenyamanannya bagi semua tamu kita yang akan mengikuti KTT ke 42 ASEAN di Labuan Bajo. Tentunya, ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi promosi Labuan Bajo untuk ASEAN dan untuk dunia," ujar Retno.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya