Menlu Retno Cek Kesiapan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo 

KTT ASEAN ke-42 akan digelar pekan depan

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, terbang ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk mengecek persiapan rangkaian KTT ASEAN ke-42 yang akan diselenggarakan mulai 8 Mei 2023.

Retno diketahui tiba di Labuan Bajo pada Senin (24/4/2023). Dia langsung melakukan pengecekan dan diskusi terkait persiapan pertemuan Menlu dan KTT ASEAN.

“Dari pengecekan Bandara Komodo, venue pertemuan Menlu hingga memastikan makanan yang akan disajikan untuk para menteri. Everything is on the right track,” kata Retno, dikutip dari laman Instagram-nya, Selasa (25/4/2023).

1. Capaian tiga bulan keketuaan Indonesia di ASEAN 2023

Menlu Retno Cek Kesiapan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi perkenalkan logo keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. (dok. Kemlu RI)

Dalam konferensi pers awal bulan ini, Retno menagtakan sejak Januari hingga Maret 2023, sudah digelar 190 pertemuan di berbagai tingkatan.

“Total ada 531 pertemuan yang tercatat di dalam Kalender Keketuaan Indonesia di ASEAN. Dari 531 pertemuan tersebut, 301 pertemuan dituanrumahi oleh Indonesia dan 73 pertemuan dilakukan di Sekretariat ASEAN,” ujar Retno.

Sementara, sisanya dilakukan negara-negara ASEAN lainnya yang tengah menjadi koordinator pertemuan sektoral dan juga di negara mitra ASEAN.

Baca Juga: Menlu Retno: 43 WNI di Sudan Sudah Diamankan KBRI Khartoum 

2. Kapasitas ASEAN terus diperkuat

Menlu Retno Cek Kesiapan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo Para Menlu ASEAN memakai batik di pertemuan AMM Retreat. (IDN Times/Sonya Michaella)

Dalam pilar ASEAN Matters, kapasitas ASEAN penting untuk diperkuat dan ingin menjadikan ASEAN dapat bekerja lebih efektif. Sehingga, mampu mengatasi tantangan masa depan.

“Oleh karenanya, kesatuan dan sentralitas ASEAN penting untuk terus dijaga agar ASEAN mampu terus menjadi lokomotif perdamaian dan stabilitas kawasan,” ungkapnya.

Di pilar ini, Retno mengungkapkan juga sedang disiapkan sebuah visi besar ASEAN 2045 yang saat ini sedang disusun oleh High Level Task Force. Dari Indonesia, yang mengetuai High Level Task Force adalah Dian Triansyah Djani, eks Co Sherpa G20.

Selain itu, tengah dilakukan saat ini proses pembahasan rancangan ASEAN Leaders Statement on the Strengthening ASEAN’s Capacity and Institutional Effectiveness yang akan diadopsi di KTT bulan depan.

3. Sejumlah isu masih terus dibahas

Menlu Retno Cek Kesiapan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo Kick off keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 di Bundaran HI, Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Retno juga memaparkan bahwa sejumlah isu penting di kawasan masih terus dibahas, salah satunya percepatan negosiasi Code of Conduct Laut China Selatan.

“Beberapa isu tersebut antara lain pemberantasan TPPO akibat penyalahgunaan teknologi, penguatan institusionalisasi Dialog HAM di ASEAN, penyusunan roadmap keanggotaan Timor Leste dan penandatanganan Protokol SEANWFZ, yang prosesnya sempat terhenti pada 2012,” ujar Retno lagi.

KTT ASEAN nantinya akan digelar dua kali di bawah keketuaan Indonesia tahun ini. KTT yang kedua yakni digelar September 2023 di Jakarta dengan mengundang para mitra ASEAN seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, China, Rusia, Australia, Kanada, Jepang dan Korea Selatan.

Baca Juga: KTT ASEAN-RoK, Jokowi: Ekonomi Hijau Kunci Masa Depan ASEAN

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya