KTT G20 Siap Dimulai Hari Ini!

Presiden Jokowi siap menyambut para kepala negara G20

Bali, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo siap menyambut para kepala negara anggota G20 dan juga negara undangan di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali untuk mengikuti KTT G20.

Berdasarkan pantauan IDN Times, Selasa (15/11/2022), sekitar pukul 08.00 WITA, mobil-mobil tamu kenegaraan mulai memasuki kawasan dihelatnya KTT G20.

Sehari sebelumnya, pada sore hari, Presiden China Xi Jinping, diikuti Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak telah tiba di Bali.

Sebelum kedatangan tiga kepala pemerintahan di atas beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan anggota G20 lainnya juga telah tiba, antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

Total ada 17 kepala negara yang menghadiri KTT G20 di Bali. Sementara tiga pemimpin yang absen adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Meksiko dan Presiden Brasil.

Sementara kepala negara yang menjadi undangan KTT G20 juga beberapa tiba di hari yang sama, antara lain Presiden Senegal Macky Sall, Presiden Suriname Chandrikapersad Santokhi, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, dan Presiden Spanyol Pedro Sanchez.

Dalam waktu yang hampir bersamaan juga tiba pimpinan lembaga dunia seperti Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Presiden Uni Eropa Charles Michel, Direktur Jenderal WTO Ngozi Okonjo-Iweala, dan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

https://www.youtube.com/embed/CYQDG5UrNnc

Baca Juga: Catat Guys, 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui soal G20

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya