Menhan China Hilang 3 Pekan, Diduga Terjerat Korupsi

Menhan China Li Shangfu terakhir terlihat pada 29 Agustus

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan China Li Shangfu diduga terjerat kasus korupsi. Li juga dilaporkan ‘menghilang’ selama tiga pekan terakhir.

Li terakhir muncul di publik saat memberikan pidato di sebuah forum keamanan dengan negara-negara Afrika pada 29 Agustus 2023 lalu.

Dilansir dari CNN, Senin (18/9/2023), sejumlah rumor menyebutkan bahwa Li sempat dibawa oleh pihak berwenang untuk diinterogasi terkait sebuah kasus korupsi soal pengadaan alat militer.

1. Kemlu China bungkam

Sementara itu, ketika ditanyai di mana pastinya keberadaan Li dan mengapa ia menghilang, Kementerian Luar Negeri China tak menjawab.

“Saya tidak tahu soal situasi tersebut,” kata juru bicara Kemlu China, Mao Ning.

Di situs pemerintah dan militer China, Li masih tercatat menjabat sebagai menteri pertahanan, anggota dewan negara dan anggota Komisi Militer Pusat (CMC) yang berkuasa.

Baca Juga: Presiden Filipina Dorong ASEAN Tanggapi China soal Laut China Selatan

2. Pernah disanksi oleh Amerika Serikat

Sebelum dipromosikan menjadi menteri pertahanan, Li adalah Kepala Departemen Pengembangan Peralatan CMC yang bertanggung jawab atas pengadaan senjata selama lima tahun, sejak 2017.

Saat menjabat kala itu, Li pernah dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat (AS) pada 2018 karena China membeli senjata dari Rusia.

3. Eks Menlu China Qin Gang juga menghilang

Menhan China Hilang 3 Pekan, Diduga Terjerat KorupsiMenteri Luar Negeri China Qin Gang. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sebelumnya, eks Menteri Luar Negeri China Qin Gang juga sempat menghilang selama dua pekan lebih, sebelum posisinya digantikan oleh Wang Yi kembali.

Kemlu China sempat mengatakan bahwa Qin Gang absen dalam pekerjaannya karena alasan kesehatan. Namun tak dijelaskan lebih rinci apa sakit yang diderita Qin Gang.

Baca Juga: Peta Baru China Diprotes Malaysia, Ada Laut China Selatan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya