Menlu: 64 WNI Masih di Sudan, Satu Orang Sedang Dirawat di RS

Ada 13 staf KBRI yang juga masih ada di Sudan

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, hingga saat ini, masih ada 64 Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih ada di Sudan, 13 orang di antaranya adalah staf KBRI Khartoum.

"Sebagian besar dari 64 dikurangi dari KBRI, adalah warga negara yang memang memilih untuk tinggal karena alasan keluarga," kata Retno, dalam konferensi pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat (5/5/2023).

Retno menegaskan, per hari ini, jumlah total WNI yang telah dievakuasi keluar dari Sudan adalah 955 orang.

1. Rincian WNI yang dievakuasi dari Sudan

Menlu: 64 WNI Masih di Sudan, Satu Orang Sedang Dirawat di RSPara WNI yang dievakuasi ke Safe House KBRI Khartoum. (dok. KBRI Khartoum)

Retno menegaskan, operasi penyelamatan ini dilakukan dengan perencanaan yang matang dan dilakukan secara senyap, tapi cepat.

"Evakuasi via Jeddah 931 orang, via Mesir 15 orang, via UAE 6 orang, dan via Ethiopia 3 orang," tutur Retno.

Sementara, jumlah total WNI yang telah difasilitasi pulang ke Indonesia adalah 934 orang dengan rincian pemulangan pada 27 April 2023: 385 orang, 29 April 2023: 363 orang, 30 April 2023: 75 orang, 1 Mei 2023: 100 orang serta pulang secara mandiri ada 11 orang.

"WNI yang telah berada di lokasi aman di luar Sudan sebanyak 21 orang, yaitu 2 WNI di Jeddah, 10 WNI di Mesir, 6 WNI di UAE, dan 3 WNI di Ethiopia, seperti yang tadi sudah saya sebutkan," ungkap Retno lagi.

Baca Juga: Dubes Sudan: Konflik yang Terjadi Bukan Perang Saudara!

2. Ada 1 WNI yang masih dirawat di Port Sudan

Menlu: 64 WNI Masih di Sudan, Satu Orang Sedang Dirawat di RSEvakuasi WNI dari Sudan. (dok. KBRI Khartoum)

Selain itu, Retno mengonfirmasi masih ada 1 WNI yang masih dirawat di rumah sakit di Port Sudan karena kecelakaan bus evakuasi tahap 2.

"Kita terus memantau, mendampingi kondisi beliau selama perawatan di Kota Port Sudan. Kita doakan, saya mohon doanya untuk satu warga negara kita yang masih dirawat di rumah sakit di Port Sudan," ucapnya.

3. 528 orang tewas dalam konflik Sudan

Menlu: 64 WNI Masih di Sudan, Satu Orang Sedang Dirawat di RSKondisi Sudan di tengah konflik RSF dan militer. (dok. Twitter @UNHumanRights)

Sedikitnya 528 orang telah tewas dan lebih dari 4.200 orang terluka sejak konflik antara militer Sudan dan paramiliter Rapid Support Forces (RSF) pecah pada 15 April 2023 lalu. Konflik tersebut lalu menyebar ke wilayah Darfur.

Koneksi internet di Sudan juga dilaporkan diputus total. Meski ada pengumuman gencatan senjata, namun tembakan dan ledakan masih terdengar di penjuru Ibu Kota Khartoum.

Selain internet diputus, masyarakat lokal maupun asing yang masih berada di Sudan juga mengaku kesulitan mencari makanan.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya