Nancy Pelosi ke Taiwan, Korut: AS Kurang Ajar!

Korut menyebut AS mencampuri urusan internal China.

Jakarta, IDN Times - Korea Utara (Korut) ikut mengritik kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan. Korut secara terang-terangan mendukung China.

Pelosi sendiri sudah mendarat di Taiwan pada Selasa (2/8/2022) malam, waktu setempat. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama dalam 25 tahun terakhir.

Pelosi dan delegasinya turun di Bandara Songshan, dekat pusat kota Taipei dan disambut oleh Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph WU dan perwakilan tinggi AS di Taipei, Sandra Oudkirk.

Baca Juga: China Umumkan Operasi Militer setelah Nancy Pelosi Tiba di Taiwan

1. Korut sebut AS kurang ajar

Nancy Pelosi ke Taiwan, Korut: AS Kurang Ajar!Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un (ANTARA FOTO/KCNA via Reuters)

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Korut menyebut campur tangan AS ini cukup kurang ajar.

“Campur tangan AS yang kurang ajar di urusan internal China memang disengaja dan merupakan akar penyebab gangguan perdamaian dan keamanan kawasan,” kata jubir tersebut, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (3/8/2022).

“Adalah hak negara berdaulat untuk mengambil tindakan balasan terhadap gerakan kekuatan luar yang secara terbuka mencampuri urusan dalam negerinya dan menghancurkan integritas teritorialnya,” lanjut jubir tersebut.

2. Korut membela China mati-matian

Nancy Pelosi ke Taiwan, Korut: AS Kurang Ajar!Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat mengamati uji tembak bawah air dari rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (dok. KCNA)

Selain itu, Korut juga menegaskan bahwa mereka berada di pihak China dan mengutuk keras kunjungan Pelosi ke Taiwan.

“Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari China dan masalah Taiwan berkaitan dengan urusan dalam negeri China,” ungkap jubir tersebut.

Baca Juga: Nancy Pelosi ke Taiwan, China Panggil Dubes AS 

3. Militer China dalam siaga tinggi luncurkan operasi militer ke Selat Taiwan

Nancy Pelosi ke Taiwan, Korut: AS Kurang Ajar!Tank M-60 Angkatan Darat Taiwan sedang melakukan latihan militer di pesisir Taiwan. twitter.com/MoNDefense

Komando Teater Timur dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) angkatan darat mengatakan, akan melakukan operasi militer gabungan di dekat Taiwan, yang dimulai pada Selasa malam.

Nantinya, latihan tersebut akan mencakup dari pasukan gabungan angkatan udara dan laut yang dilaksanakan di wilayah utara, barat daya dan tenggara Taiwan. Disusul dengan simulasi penembakan jarak jauh di Selat Taiwan, dan peluncuran uji coba rudal di laut timur Taiwan, kata Komando Teater timur.

Latihan tersebut akan mencakup dari pasukan gabungan angkatan udara dan laut yang dilaksanakan di wilayah utara, barat daya dan tenggara Taiwan. Lalu, disusul dengan simulasi penembakan jarak jauh di Selat Taiwan, dan peluncuran uji coba rudal di laut timur Taiwan.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya