Nancy Pelosi ke Taiwan, China Panggil Dubes AS 

Nancy Pelosi dijadwalkan bertemu Tsai Ing-wen hari ini

Jakarta, IDN Times - China memanggil Duta Besar Amerika Serikat (AS) di Beijing, Nicholas Burns, terkait dengan nekatnya Ketua DPR AS Nancy Pelosi berkunjung ke Taiwan.

Pelosi sendiri sudah mendarat di Taiwan pada Selasa (2/8/2022) malam, waktu setempat. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama dalam 25 tahun terakhir.

Pelosi dan delegasinya turun di Bandara Songshan, dekat pusat kota Taipei dan disambut oleh Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph WU dan perwakilan tinggi AS di Taipei, Sandra Oudkirk. Pelosi juga dijadwalkan akan bertemu Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, hari ini. 

1. China panggil Dubes AS di Beijing terkait kunjungan Pelosi ke Taiwan

Nancy Pelosi ke Taiwan, China Panggil Dubes AS Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat Nancy Pelosi (D-CA) bereaksi pada konferensi pers setelah sidang Dewan memilih dua pasal pemakzulan terhadap Presiden Donald Trumo di U.S. Capitol di Washington, Amerika Serikat, pada 18 Desember 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst

Wakil Menteri Luar Negeri, Xie Feng menyuarakan protes keras terkait kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan. Pasalnya, China menganggap Taiwan adalah bagian dari wilayahnya.

“Langkah ini sangat mengerikan dan konsekuensinya sangat serius. China tidak akan tinggal diam,” kata Xie, dikutip dari Global Times, Rabu (3/8/2022).

Xie juga mengancam AS bakal membayar ‘sebuah harga’ untuk kesalahannya ini dan mendesak AS untuk segera mengambil langkah-langkah terkait kunjungan Pelosi tersebut.

Kepada Burns, Xie menegaskan bahwa Taiwan adalah milik China dan Taiwan pada akhirnya akan kembali ke China.

Baca Juga: Taiwan Siapkan Bunker untuk Hadapi Serangan China  

2. Pelosi mendukung demokrasi Taiwan

Pelosi, yang sudah mendarat di Taiwan semalam, menegaskan bahwa kunjungannya ini merupakan kunjungan solidaritas AS dengan Taiwan.

“Kunjungan delegasi kongres kami ke Taiwan untuk mendukung demokrasi Taiwan,” ungkap Pelosi.

Baca Juga: Nancy Pelosi Bakal ke Taiwan, Xi Jinping Langsung Gertak Joe Biden

3. China kerahkan militer ke Selat Taiwan

Akibat kunjungan ini, China murka. China mengutuk kunjungan Pelosi ini merusak perdamaian dan stabilitas Taiwan dan memiliki dampak parah terhadap hubungan China dan AS.

Sementara itu, saat ini pesawat-pesawat miiiter China tengah dikerahkan ke Selat Taiwan. Tentara Pembebasan Rakyat juga mengadakan latihan di dekat Taiwan.

Topik:

  • Rendra Saputra
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya