Nasi Goreng dan Sate Ayam Jadi Favorit di Afrika Selatan 

Indonesia turut serta dalam gelaran World Food Festival.

Jakarta, IDN Times - Kuliner Indonesia menjadi salah satu favorit pengunjung perhelatan World Food Festival di Pretoria, Afrika Selatan. Acara ini digelar selama sepekan dari 30 Mei hingga 3 Juni 2022 lalu.

Perhelatan tersebut diikuti delapan negara yaitu Brazil, Indonesia, Iran, Filipina, Singapura, Afrika Selatan, Korea Selatan dan Sri Lanka. Acara ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Korea Selatan di Pretoria.

Baca Juga: Menlu Retno: Diplomasi RI Bertujuan Bangun Kepercayaan Dunia

1. Kuliner Indonesia jadi favorit

Nasi Goreng dan Sate Ayam Jadi Favorit di Afrika Selatan Sate ayam yang digemari warga Afsel. (dok. KBRI Pretoria)

Uniknya, kuliner Indonesia merupakan salah satu favorit pengunjung. Marthin, seorang pengunjung asal Afrika Selatan, misalnya, mengaku bahwa dirinya sangat menyukai rasa khas nasi goreng dan sate ayam yang baru kali itu dirasakannya.

Dirinya mengaku bahwa sempat mengantre sampai empat kali untuk memuaskan keinginannya menikmati sajian khas Indonesia tersebut.

Baca Juga: Sukses Pameran di Paris, Gibran Target Bawa UMKM Solo ke Negara Lain 

2. Indonesia buka kursus kilat memasak soto ayam

Nasi Goreng dan Sate Ayam Jadi Favorit di Afrika Selatan Kursus kilat masak soto ayam. (dok. KBRI Pretoria)

Dua acara yang tak kalah menarik pada gelaran WFF adalah Cooking Class Experience dan Movie Screening. Pada kedua acara tersebut, Indonesia memamerkan soto ayam dan sembilan film pendek asal Denpasar, Bali.

Soto Ayam pada Cooking Class Experience memperlihatkan daya pikat tersendiri di mana dari sejak pendaftaran 'kursus kilat' kuliner Indonesia tersebut dibuka, sudah terisi penuh. Sebagian besar peserta yang mendaftar pada CCE Indonesia mengaku sangat puas dengan pengalaman memasak makanan Indonesia yang menurut mereka memiliki cita rasa khas tersendiri.

Baca Juga: Menlu Retno: Diplomasi Kesehatan Menjadi Prioritas Indonesia pada 2022

3. Indonesia promosikan Bali lewat film lokal

Nasi Goreng dan Sate Ayam Jadi Favorit di Afrika Selatan www.kintamani.id

Sebagai penutup rangkaian kegiatan WFF, setiap negara peserta diminta menampilkan film lokal masing-masing dengan tema kuliner maupun tema-tema lainnya.

Sebagai dukungan kepada program pemerintah Indonesia untuk kembali mempromosikan Bali sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia, maka khusus untuk program Movie Screening pada gelaran WFF, Indonesia tampil dengan film-film berlatar kehidupan sosial dan budaya masyarakat pulau dewata tersebut. 

“World Food Festival" digelar dalam format Food Exhibition, Cooking Class Experience , dan Movie Screening. Masing-masing negara peserta menghadirkan kuliner khasnya masing-masing, seperti Singapura dengan mie nyonya laksa, Iran dengan kebab, dan Afrika Selatan dengan pap, kuliner pokok masyarakat Afrika Selatan yang terbuat dari bahan dasar jagung.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya