Nauru Putuskan Relasi, Taiwan: Gegara China!

Nauru putuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan

Jakarta, IDN Times - Usai pemilihan umu, Taiwan kehilangan sekutu diplomatiknya yakni Nauru, yang berpaling ke sisi China. Nauru memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan dan memutuskan menjalin relasi dengan China.

Langkah Nauru ini merupakan pukulan terhadap Taiwan di mana jumlah negara yang menjalin hubungan diplomatik semakin berkurang.

“Ini adalah siasat China untuk menekan pencapaian demokrasi Taiwan,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan Tien Chung-kwang, dikutip dari CNN, Senin (15/1/2024).

Padahal, Nauru sempat mengucapkan selamat atas terpilihnya William Lai atau Lai Ching Te yang memenangkan pemilu Taiwan pada Sabtu kemarin.

 

Baca Juga: Pemilu Taiwan Rampung Digelar, Ini Tanggapan Indonesia

1. Taiwan segera tutup kedutaan besar di Nauru

Menanggapi pemutusan hubungan diplomatik dari Nauru ini, Tien mengatakan bahwa Taiwan segera menangguhkan semua interaksi resmi dengan Nauru demi membela martabat mereka.

“Termasuk kami akan menutup kedutaan besar di Nauru, dan kami minta Nauru juga segera menutup kedutaan besarnya di Taipei,” ucap Tien.

“Kami juga menerima informasi bahwa ada pejabat China yang mendekati politikus di Nauru soal pemutusan diplomatik ini dengan imbalan bantuan ekonomi,” tutur dia.

2. Tanggapan China atas langkah Nauru

Nauru Putuskan Relasi, Taiwan: Gegara China!Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning (Twitter.com/Spokesperson发言人办公室)

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning memuji langkah yang dilakukan oleh Nauru tersebut.

“Merupakan keputusan tepat bagi Nauru yang dibuat atas kemauan sendiri sebagai negara berdaulat yang independent, untuk mengakui prinsip Satu Chin dan memutus hubungan dengan Taiwan,” ungkap Mao.

“Ini juga menunjukkan bahwa prinsip Satu China adalah tren yang umum dan aspirasi bersama masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga: China Kecam Negara yang Ucapkan Selamat atas Pemilu Taiwan

3. Nauru sudah dua kali putus hubungan diplomatik dengan Taiwan

Nauru Putuskan Relasi, Taiwan: Gegara China!ilustrasi bendera Nauru.(pixabay.com/OpenClipart-Vectors)

Ini merupakan kedua kalinya Nauru memutus hubungan diplomatik dengan Taiwan. Negara Kepulauan Pasifik ini pertama kali memutus hubungan pada 2002 lalu memulai hubungan lagi pada 2005.

Pemerintah Nauru mengatakan, memulai hubungan dengan China adalah demi kepentingan terbaik negara dan rakyatnya.

“Nauru tidak lagi mengakui Taiwan sebagai negara terpisah melainkan sebagai bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah China. Kami tidak akan lagi mengembangkan hubungan dengan Taiwan mulai saat ini,” sebut pernyataan dari pemerintah Nauru.

Dengan pemutusan hubungan dari Nauru ini, Taiwan hanya memiliki hubungan diplomatik dengan 12 negara, mayoritas dari Amerika Latin dan Vatikan.

 

Baca Juga: Taiwan Gelar Pemilu Hari Ini, Ada 3 Kandidat Capres

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya