Pemimpin G7 Ejek Pose Putin Telanjang Dada di Atas Kuda 

Pembicaraan ini terjadi di makan siang KTT G7 di Jerman

Jakarta, IDN Times - Presiden Rusia Vladimir Putin jadi bahan olok-olokan para pemimpin negara anggota G7 karena posenya yang terkenal saat bertelanjang dada sambil menunggang kuda. Di sela-sela makan siang, tujuh pemimpin negara ini mengejek soal citra tangguh yang ditampilkan Putin.

KTT G7 sedang dihelat di Elmau, Jerman. Pemimpin negara G7 yaitu Inggris, Kanada, Prancis, Italia, Jepang, Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa hadir dalam KTT ini. Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo pun diundang untuk hadir dalam KTT ini.

Baca Juga: Ukraina Sebut Serangan Rusia Akan Menggila saat KTT Uni Eropa 

1. Boris Johnson mengejek tampilan Putin

Pemimpin G7 Ejek Pose Putin Telanjang Dada di Atas Kuda Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, saat berbicara dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen melalui sambungan telepon pada 8 Desember 2020. (Facebook.com/Boris Johnson)

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson tampak senang dan puas saat mengolok-olok pose Putin yang menunggang kuda di wilayah pegunungan Siberia tersebut.

“Jaket dipakai, jaket dilepas…,” kata Johnon saat duduk di meja bundar KTT G7 di Jerman, dikutip dari Guardian, Senin (27/6/2022).

Lalu menjawab ejekan Johnson tersebut, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menjawab, “Mari kita tunggu gambarnya.”

“Kita semua harus menunjukkan bahwa kita lebih tangguh dari Putin,” balas Johnson.

Perkataan Johnson ini dibalas Trudeau bahwa pemimpin negara G7 bakal menampilkan pose telanjang dada dengan menunggang kuda, merujuk pada pose Putin yang terkenal tersebut.

Baca Juga: Bertolak ke Spanyol, Presiden Korsel akan Hadiri KTT NATO

2. Sanksi G7 untuk Moskow

Pemimpin G7 Ejek Pose Putin Telanjang Dada di Atas Kuda KTT G7 (ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst)

Ketujuh pemimpin negara G7 ini akan mendengar pidato dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Sebelumnya, G7 telah memutuskan langkah-langkah baru termasuk larangan impor emas Rusia dan membatasi minyak dari Rusia.

Para pemimpin G7 juga berencana untuk mengumumkan serangkaian sanksi baru yang cukup besar untuk Rusia, termasuk rantai pasokan pertahanan.

AS juga mengumumkan 7,5 miliar dolar Amerika pendanaan baru untuk Ukraina guna melawan Rusia.

“Di sini, kami akan terus melakukan apa yang bisa kita lakukan untuk emmastikan bahwa Ukraina mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk melawan agresi Rusia,” ucap Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

3. Kota Severodonetsk berhasil dikuasai Rusia

Pemimpin G7 Ejek Pose Putin Telanjang Dada di Atas Kuda Kota Severodonetsk, Ukraina. (twitter.com/serhey_hayday)

Setelah berminggu-minggu mempertahankan diri dari serangan Rusia, pada Sabtu (25/6/2022), kota Severodonetsk sepenuhnya dikuasai pasukan Moskow dan aliansinya.

"Kota ini sekarang berada di bawah pendudukan penuh Rusia. Mereka mencoba membangun tatanan mereka sendiri, sejauh yang saya tahu mereka telah menunjuk semacam komandan," kata Wali Kota Oleksandr Stryuk.

Kompleks industri Azot di Severodonetsk yang telah lama menjadi benteng pertahanan pasukan Ukraina, sepenuhnya dikuasai oleh Rusia. Pasukan Ukraina telah mencoba mempertahankan kompleks tersebut habis-habisan.

Pasukan Ukraina sebelumnya telah diperintahkan untuk menarik diri guna menghindari pengepungan Rusia. Kini, tidak hanya kompleks industri Azot yang telah dikuasai, tapi juga seluruh kota Severodonetsk.

Baca Juga: Pertama Kali Sejak 1918, Rusia Gagal Bayar Utang Luar Negeri!

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya