Pemimpin Junta Myanmar Kunjungi Rusia, Ada Apa?

Media Myanmar kabarnya dibungkam untuk publikasi kunjungan

Jakarta, IDN Times - Pemimpin junta militer Myanmar Min Aung Hlaing mengunjungi Rusia pada Selasa (12/7/2022). Kedutaan Besar Rusia di Myanmar menyebut, kunjungan itu adalah kunjungan pribadi.

Namun, kunjungan ini terjadi dua hari setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken berjanji untuk meminta dunia internasional meningkatkan tekanan untuk junta militer Myanmar.

Min Aung Hlaing mengambil alih kekuasaan Myanmar pada 1 Februari 2021, yang dikenal dengan kudeta Myanmar. Pemimpin de facto Aung San Suu Kyi ditangkap dan dipenjara hingga saat ini.

Baca Juga: Kamboja Minta Junta Myanmar Bebaskan Aung San Suu Kyi 

1. Menghadiri pembukaan pusat budaya Myanmar di Rusia

Pemimpin Junta Myanmar Kunjungi Rusia, Ada Apa?Panglima Militer Myanmar Jendral Min Aung Hlaing tiba di Indonesia (IDN Times/Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Kedubes Rusia di Naypyitaw mengungkapkan, kunjungan Min Aung Hlaing ke Moskow adalah untuk menghadiri pembukaan pusat budaya Myanmar.

Namun, sejumlah media Rusia melaporkan bahwa Min bakal bertemu dengan pejabat dari badan antariksa dan nuklir Moskow. Tidak jelas apakah Min akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan pejabat tinggi lainnya.

Dilansir Radio Free Asia, Kamis (14/7/2022), media di Myanmar juga dibungkam untuk tidak mempublikasikan secara luas kunjungan Min ke Rusia ini.

2. Bertemu dengan asosiasi persahabatan Rusia-Myanmar

Pemimpin Junta Myanmar Kunjungi Rusia, Ada Apa?Panglima Militer Myanmar Jendral Min Aung Hlaing tiba di Indonesia (IDN Times/Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Min juga dikabarkan bertemu dengan Asosiasi Persahabatan Rusia-Myanmar dan membahas kerja sama di sektor ekonomi, pendidikan, pariwisata, serta pelatihan untuk pejabat militer dan sipil.

Selain itu, Min juga menghadiri upacara keagamaan di Pagoda Shwezigon di Ethnomir, sebuah museum budaya di Moskow.

3. Sejumlah analis meragukan posisi Min Aung Hlaing di dunia internasional

Pemimpin Junta Myanmar Kunjungi Rusia, Ada Apa?Pemimpin militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing. (Twitter.com/ygnbi27)

Para analis yang berbasis di Myanmar masih meragukan posisi dan peran Min Aung Hlaing di dunia internasional.

Min disebut tidak memiliki banyak keberhasilan di isu internasional, dan ia bakal kehilangan respek dari negara-negara tetangga Myanmar dengan melakukan perjalanan ke Rusia.

Pasalnya, disebutkan bahwa Myanmar adalah satu dari sedikit negara yang mendukung invasi Rusia ke Ukraina, sedangkan hampir seluruh dunia mengutuk invasi tersebut.

Baca Juga: RI-Australia Sepakat Cari Solusi Damai untuk Ukraina dan Myanmar

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya