Penembakan Kedubes Azerbaijan di Iran, Satu Orang Tewas

Pelaku langsung ditangkap

Jakarta, IDN Times - Seorang penjaga di Kedutaan Besar Azerbaijan di Teheran, Iran, tewas akibat ditusuk seseorang tak dikenal.

“Penyerang menerobos pos jaga, menembak kepala keamanan dengan senapan serbu Kalashnikov,” kata Kementerian Luar Negeri Iran, dikutip dari Al Jazeera, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga: Bersitegang dengan Iran, Azerbaijan Tunjuk Dubes Pertama untuk Israel

1. Tersangka telah ditangkap

Kepolisian Teheran mengatakan, mereka telah menangkap seorang tersangka dan sedang menyelidiki motif di balik serangan tersebut.

“Tersangka memasuki area kedutaan dengan dua anak kecil. Mungkin dimotivasi oleh masalah pribadi,” ucap kepala polisi.

2. Beda antara keterangan polisi dan CCTV

Namun, rekaman CCTV yang disebar oleh Iran Press TV menunjukkan laki-laki bersenjata itu masuk sendirian dan melepaskan tembakan di dalam gedung.

Setelah itu, tersangka sempat berkelahi dengan seorang penjaga yang mencoba menghentikannya.

Sementara itu, diduga pelaku mencari istrinya yang hilang setelah berkunjung ke Kedubes Azerbaijan tersebut sejak April tahun lalu. Pelaku yakin istrinya masih berada di dalam kedubes.

Baca Juga: Warga Jerman Ditahan di Iran karena Memfoto Fasilitas Minyak

3. Hubungan Iran dan Azerbaijan buruk

Penembakan Kedubes Azerbaijan di Iran, Satu Orang TewasPasukan bersenjata Azeri menembakan artileri saat bentrok antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah Nagorno-Karabakh di sebuah lokasi yang tidak teridentifikasi. (ANTARA FOTO/Defence Ministry of Azerbaijan/Handout via REUTERS)

Iran, rumah bagi jutaan etnis Azerbaijan, telah lama menuduh negara tersebut mengobarkan sentimen separatis di wilayahnya.

Hubungan Teheran dan Baku pun sudah lama memburuk, karena Azerbaijan yang berbahasa Turki merupakan sekutu dekat Turki, yang menjadi saingan Iran.

Iran curiga bahwa ada kerja sama antara Azerbaijan dan Israel untuk melawan Iran.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya