Perkuat Ekonomi, Jokowi Bakal Kunjungi 3 Negara Asia Timur

Tiga negara tersebut adalah China, Jepang dan Korsel

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengungkapkan Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo berencana mengunjungi tiga negara Asia Timur, yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel).

"Kunjungan ke Beijing akan dilakukan pada 26 Juli 2022, sementara ke Tokyo 27 Juli, dan ke Seoul pada 28 Juli 2022," kata Menlu Retno dalam keterangan pers daring, Kamis (21/7/2022).

Retno menegaskan, ketiga negara tersebut merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi, dan mitra strategis Indonesia serta ASEAN terkait masalah kawasan.

Baca Juga: Jokowi Berduka Atas Kepergian Eks PM Jepang Shinzo Abe

1. Fokus kerja sama ekonomi dalam kunjungan ke Asia Timur

Perkuat Ekonomi, Jokowi Bakal Kunjungi 3 Negara Asia TimurMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Fokus kunjungan Jokowi adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi. Di China, menurut rencana, Jokowi akan bertemu Premier Le Kiqiang dan Presiden Xi Jinping.

"Presiden Jokowi merupakan salah satu pemimpin pertama yang diterima oleh Presiden Xi Jiping selama pandemik ini, di luar acara Olimpiade Musim Dingin di Beijing awal tahun ini," ujar Retno.

China merupakan mitra dagang Indonesia terbesar dengan total nilai perdagangan 110 miliar dolar Amerika pada 2021. Sementara untuk investasi, China merupakan investor ketiga terbesar dengan total nilai investasi sekitar 3,2 miliar dolar Amerika pada 2021.

2. Dari China, Jokowi terbang ke Jepang dan Korsel

Perkuat Ekonomi, Jokowi Bakal Kunjungi 3 Negara Asia TimurPerdana Menteri Jepang, Fumio Kishida. (twitter.com/kishida230)

Setelah sehari berada di Beijing, Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungan kerja ke Tokyo.

"Di Tokyo, menurut rencana, Presiden akan melakukan pertemuan dengan PM Jepang Fumio Kishida, dan dengan kalangan bisnis di 27 Juli 2022," kata Retno.

Jepang merupakan mitra ekonomi tradisional Indonesia. Perdagangan bilateral tahun lalu mencapai lebih dari 32 miliar dolar Amerika, sementara investasi Jepang di Indonesia mencapai 2,26 miliar dolar Amerika pada tahun lalu.

Dari Jepang, Jokowi bersama rombongan akan menuju ke Korea Selatan sebagai destinasi terakhir. Di Seoul, mantan gubernur DKI Jakarta itu akan bertemu Perdana Menteri Yoon Suk Yeol dan kalangan bisnis.

Korsel juga merupakan mitra penting Indonesia di bidang ekonomi. Nilai perdagangan kedua negara tahun lalu mencapai 18,41 miliar dolar Amerika, dan investasi yang mencapai 1,64 miliar dolar Amerika.

Baca Juga: ASEAN dan China Kembali Bahas Laut China Selatan 

3. Isu kawasan dan internasional juga menjadi topik bahasan

Perkuat Ekonomi, Jokowi Bakal Kunjungi 3 Negara Asia TimurPresiden Jokowi sampai di Sekretariat ASEAN untuk menghadiri ASEAN Leaders Meeting (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain isu ekonomi dan perdagangan, Jokowi bersama para pemimpin ketiga negara tersebut, tentunya di dalam pertemuan bilateral masing-masing, akan membahas perkembangan terakhir beberapa isu kawasan dan isu internasional.

"Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting bagi ASEAN, di mana Indonesia akan menjadi ketua di 2023," ujar Retno.

Retno menambahkan, sebagai ekonomi terbesar di Asia tenggara, Indonesia memiliki tanggung jawab untuk terus berkontribusi dalam upaya menjadikan Kawasan Asia Tenggara and beyond, yaitu Kawasan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, stabil, dan makmur.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya