Comscore Tracker

PM Baru Inggris Pengganti Boris Johnson Diumumkan 5 September 

Pemungutan suara bakal digelar besok

Jakarta, IDN Times - Partai Konservatif bakal mengumumkan pengganti Boris Johnson sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris pada 5 September 2022. Namun demikian, nama calon suksesornya itu kini masih digodok. 

Johnson sejatinya telah mengumumkan pengunduran dirinya dari kursi PM Inggris. Namun, dia dipastikan masih menjabat hingga penggantinya terpilih.

“Kami masih perlu memastikan ada waktu yang cukup sebelum hasilnya diumumkan pada 5 September,” kata Ketua Komite 1922, Graham Brady, dikutip dari The Guardian, Selasa (12/7/2022).

Tak hanya mengundurkan diri sebagai PM Inggris, dia juga mundur dari jabatan sebagai pemimpin Partai Konservatif pada Kamis (7/7/2022). Terlebih, muncul desakan besar kepadanya usai terjadi pengunduran diri hampir 50 menteri dan pejabat di kabinet Pemerintahan Inggris.

1. Pemungutan suara dilakukan besok

PM Baru Inggris Pengganti Boris Johnson Diumumkan 5 September Menteri keuangan Inggris, Rishi Sunak (Instagram/rishisunakmp)

Konservatif mengonfirmasi bahwa pemungutan suara untuk pengganti Johnson akan dilakukan pada Rabu (13/7/2022) sore, waktu setempat.

Eks Menteri Keuangan Inggris, Rishi Sunak, dilaporkan mendapatkan dukungan hampir 40 suara anggota parlemen. Sementara, Menteri Perdagangan Penny Mordaunt mendapat 24 suara.

Menteri Transportasi Grant Shapps mendapatkan suara paling sedikit yaitu delapan suara dan Jaksa Agung Suella Braverman mendapatkan 12 suara.

Baca Juga: Eks Menkeu Inggris, Rishi Sunak Siap Maju Jadi PM Inggris

2. Proses pemilihan PM Inggris yang baru

PM Baru Inggris Pengganti Boris Johnson Diumumkan 5 September Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelum pemungutan suara, para kandidat diharuskan memperoleh minimal 20 suara dari mayoritas pada Selasa (12/7/2022). Hal itu harus dipenuhi agar mereka bisa menjadi kandidat resmi yang akan diajukan dalam pemungutan suara.

Sehari berselang atau tepatnya pada 13 Juli, pemungutan suara bakal dilakukan. Kandidat harus mendapatkan minimal 30 suara mayoritas. Sedangkan, kandidat lain yang mendapatkan suara di bawah jumlah tersebut, akan dieliminasi.

Kemudian, bakal diadakan pemungutan suara satu putaran lagi pada 14 Juli. Bagi calon yang mendapatkan hasil ternedah, dipastikan bakal dieliminasi. Hasil dari pemungutan suara tersebut akan diumumkan pada 5 September mendatang.

3. Ada sembilan sosok yang dijagokan bakal jadi pengganti Boris Johnson

PM Baru Inggris Pengganti Boris Johnson Diumumkan 5 September Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss. (Instagram.com/elizabeth.truss.mp)

Eks menteri keuangan Rishi Sunak, yang pertama kali mengajukan pengunduran diri dari kabinet Johnson, dijagokan menjadi PM Inggris selanjutnya. Lalu ada eks menteri kesehatan Sajid Javid.

Menteri Luar Negeri Elizabeth Truss juga digadang-gadang memiliki kans menduduki kursi PM Inggris. Kemudian ada Ketua Pemilihan Luar Negeri Tom Tugendhat, Menteri Dalam Negeri Priti Patel, Menteri Keuangan Nadim Zahawi, eks Menlu Inggris Dominic Raab, rival Johnson pada 2019, Jeremy Hunt dan Menteri Pertahanan Ben Wallace.

Baca Juga: PM Inggris Boris Johnson Resmi Mundur

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya