PM Kanada Telepon Prabowo, Ucapkan Selamat Menang Pemilu

Trudeau ingin meningkatkan relasi Kanada-Indonesia

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo Subianto dalam Pemilihan Umum 2024, via sambungan telepon pada pekan ini. 

“PM Trudeau juga memuji masyarakat Indonesia atas partisipasi mereka yang kuat dan komitmen mereka yang berkelanjutan terhadap demokrasi,” sebut pernyataan dari kantor PM Trudeau, dikutip dari laman resmi pemerintahan Kanada, Rabu (1/4/2024).

Baca Juga: Jokowi dan Prabowo Dinilai Tak Bisa Dipisahkan, Kini Panggil Mas Bowo

1. Membahas peningkatan hubungan bilateral dua negara

PM Kanada Telepon Prabowo, Ucapkan Selamat Menang PemiluPrabowo dan Gibran usai ditetapkan sebagai Presiden dan Wapres Terpilih 2024 di KPU pada Rabu (24/4/2024). (IDN Times/Fauzan)

Trudeau dan Prabowo disebut membahas sejumlah isu dan bidang-bidang yang menjadi kepentingan bersama dalam peningkatan hubungan bilateral antara Kanada dan Indonesia, termasuk kerja sama ekonomi.

“Mereka menegaskan kembali dukungan terhadap negosiasi yang sedang berlangsung yaitu Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Kanada-Indonesia,” lanjut pernyataan itu.

2. Puji Indonesia dalam memimpin ASEAN

PM Kanada Telepon Prabowo, Ucapkan Selamat Menang PemiluPerdana Menteri Kanada, Justin Trudeau (Media Center KTT ASEAN)

Selain itu, Trudeau juga menyampaikan pujiannya atas kepemimpinan Indonesia dalam memimpin ASEAN, di keketuaan 2023 lalu.

Trudeau juga kembali menegaskan dukungan teguh Kanada terhadap ASEAN, serta kemitraan strategis Kanada-ASEAN.

3. Bahas isu regional dan global

PM Kanada Telepon Prabowo, Ucapkan Selamat Menang PemiluPresiden RI Joko Widodo bersama PM Kanada Justin Trudeau. (dok. Setpres RI)

Trudeau dan Prabowo juga membahas isu-isu regional dan global, di mana keduanya menekankan kerja sama untuk memperkuat dukungan terhadap tatanan internasional.

“PM Trudeau berharap dapat lebih memperkuat kemitraan antara Kanada dan Indonesia setelah Presiden terpilih Prabowo mulai menjabat bulan Oktober nanti. PM Trudeau juga berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas kemitraannya dengan Kanada selama ini,” demikian bunyi pernyataan itu.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya