Prabowo: ASEAN-AS Harus Sama-sama Jaga Stabilitas Kawasan

Prabowo buka pertemuan Menhan ASEAN-AS

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, membuka pertemuan ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) Plus ke-10, bersama dengan menteri pertahanan se-ASEAN dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Llyod Austin di Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Pertemuan tersebut merupakan rangkaian dari perhelatan the 17th ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Informal Meeting, di mana tahun ini Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Prabowo menyebut pertemuan kali ini sebagai salah satu bentuk komitmen dari kemitraan strategis yang telah terjalin di antara negara-negara ASEAN dengan AS.

"Kemitraan yang dibangun dengan kepercayaan, nilai-nilai bersama, dan komitmen terhadap perdamaian, keamanan, serta kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik," kata Prabowo.

1. Setiap negara wajib jaga stabilitas kawasan

Prabowo: ASEAN-AS Harus Sama-sama Jaga Stabilitas KawasanMenteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan AS Llyod Austin. (dok. Kemhan RI)

Prabowo kemudian mengingatkan, setiap negara juga memiliki kewajiban untuk memastikan terciptanya stabilitas keamanan di kawasan, serta menghormati kepentingan nasional masing-masing.

"Pertemuan hari ini di antara ASEAN dan AS merepresentasikan kesempatan berharga untuk meningkatkan kerja sama, serta pemahaman bersama terkait lanskap keamanan yang tengah berkembang saat ini di kawasan," ungkap Prabowo.

"Tantangan yang kita hadapi saat ini begitu beragam dan kompleks. Mulai dari ancaman tradisional sampai ancaman nontradisional yang tengah berkembang, seperti ancaman siber, kejahatan transnasional, serta krisis kemanusiaan," sambungnya.

Baca Juga: Hashim: Temuan Prabowo Dugaan Korupsi Kemhan Bikin Jokowi Kaget

2. ASEAN dan AS harus bisa promosikan perdamaian

Prabowo: ASEAN-AS Harus Sama-sama Jaga Stabilitas KawasanPertemuan ADMM Plus ASEAN dan AS di Jakarta. (Dok. Kemhan RI)

Untuk merespons sejumlah tantangan itu, menurut Prabowo, ASEAN dan mitra dialognya, termasuk AS, harus terus bekerja sama dan mempromosikan terciptanya perdamaian serta keamanan di kawasan.

"Ini menjadi kesempatan untuk menjajaki potensi kerja sama di bidang lainnya, yang sekaligus bisa meningkatkan kapasitas negara-negara ASEAN dalam menghadapi ancaman yang berkembang di kawasan Indo-Pasifik," tutur dia.

3. ADMM diharap bisa memperdalam kerja sama antarnegara se-ASEAN

Di sisi lain, Prabowo berharap pertemuan ini bisa memperdalam kerja sama antara negara se-ASEAN. Termasuk, kata Prabowo, peluang adanya kolaborasi baru.

"Saya berharap pertemuan ini dapat melanjutkan pencapaian-pencapaian masa lalu dengan memperdalam kerja sama kita dan menjajaki peluang-peluang baru untuk berkolaborasi," kata dia.

"Saya percaya diri kita akan sukses menyelesaikan pertemuan dan diskusi kita hari ini dan kita akan menghasilkan outcome yang baik," ujar dia.

Baca Juga: Prabowo Angkat Isu Myanmar dan Gaza di Pertemuan Menhan ASEAN

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya