Presiden Sri Lanka Diduga Berusaha Kabur ke Luar Negeri  

Ribuan massa geruduk kediaman resmi Presiden Sri Lanka

Jakarta, IDN Times - Ribuan orang menduduki kediaman Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa, pada Sabtu (9/7/2022) lalu. Warga Sri Lanka sudah muak akibat krisis ekonomi yang tak kunjung diselesaikan pemerintah.

Rajapaksa melarikan diri dari kediaman resminya tepat sebelum massa menyerbu. Tak hanya itu, kediaman resmi Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe juga diserbu warga.

Menanggapi serbuan warganya, Rajapaksa akhirnya setuju untuk mengundurkan diri pada 13 Juli besok untuk membuka jalan apa yang disebutnya sebagai transisi kekuasaan yang damai.

Baca Juga: Sri Lanka Ricuh, KBRI Imbau WNI Jangan Keluar Rumah 

1. Rajapaksa diduga berusaha kabur ke Dubai

Presiden Sri Lanka Diduga Berusaha Kabur ke Luar Negeri  Tentara Sri Lanka beranjak pergi setelah demonstran menerobos masuk ke kediaman Presiden, setelah Presiden Gotabaya Rajapaksa kabur di tengah krisis ekonomi yang melanda negara tersebut, di Kolombo, Sri Lanka, Sabtu. (9/7/2022)(ANTARA FOTO/REUTERS/Dinuka Liyanawatte)

Sejumlah media lokal menyebut, Rajapaksa ‘mengamankan diri’ ke Dubai. Saat keluar dari kediamannya, para pengawal terpaksa melepaskan tembakan ke udara demi menahan amukan massa.

Dilansir Times of India, Selasa (12/7/2022), ia diyakini berusaha kabur ke luar negeri sebelum mengumumkan pengunduran dirinya, besok.

Dikabarkan, petugas imigrasi menolak pergi ke ruang VIP untuk memberikan cap paspor Rajapaksa. Namun, Rajapaksa juga tak ingin keluar ruangan untuk menghindari amukan massa yang bisa saja berada di bandara.

Setelah gagal kabur ke luar negeri, Rajapaksa dilaporkan mengungsi ke sebuah pangkalan angkatan udara yang lokasinya dekat dengan bandara.

2. Rajapaksa disebutkan berada di kapal

Presiden Sri Lanka Diduga Berusaha Kabur ke Luar Negeri  Seorang demonstran beristirahat setelah memasuki area Sekretariat Presiden, setelah Presiden Gotabaya Rajapaksa kabur di tengah krisis ekonomi yang melanda, di Kolombo, Sri Lanka, Minggu. (10//7/2022)(ANTARA FOTO/REUTERS/Dinuka Liyanawatte)

Sebuah sumber yang dekat dengan Rajapaksa mengatakan kepada Al Jazeera, sang Presiden kemungkinan berada di kapal di dekat perbatasan Sri Lanka.

“Dia bisa melarikan diri jika situasinya semakin buruk,” ucap sumber tersebut.

Meski demikian, Rajapaksa pernah berujar bahwa tidak akan meninggalkan Sri Lanka menggunakan fasilitas publik.

3. Belum ada pernyataan dari Istana Presiden Sri Lanka

Presiden Sri Lanka Diduga Berusaha Kabur ke Luar Negeri  Foto warga berdemo di kediaman Presiden, setelah Presiden Gotabaya Rajapaksa kabur di tengah krisis ekonomi, di Kolombo, Sri Lanka, diambil dari video yang beredar di media pada Sabtu. (9/7/2022)(ANTARA FOTO/News Cutter via REUTERS)

Istana kepresidenan Sri Lanka juga masih bungkam hingga saat ini mengenai keberadaan Rajapaksa. Tidak ada yang tahu pasti sebenarnya Rajapaksa sedang berada di mana.

Al Jazeera melaporkan, banyak spekulasi yang muncul di media sosial bahwa ada dua kapal angkatan laut yang memuat barang bawaan dengan terburu-buru dan diduga di dalam kapal tersebut ada Rajapaksa.

Ada spekulasi lain yang mengatakan bahwa Rajapaksa berada di kompleks pertahanan militer dekat parlemen.

Baca Juga: Krisis Berkepanjangan, Presiden Sri Lanka Minta BBM ke Vladimir Putin

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya