Presiden Ukraina Zelenskyy Kunjungi Kota Kharkiv untuk Pertama Kali 

Kharkiv menjadi sasaran pasukan Rusia di awal invasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk pertama kalinya mengunjungi kota lain di negaranya yang digempur Rusia, Kharkiv. Ia bertemu dengan pasukan yang berperang di sana.

Kharkiv menjadi sasaran pasukan Rusia di bulan-bulan pertama invasi. Hampir seluruh bangunan di Kharkiv kini telah menjadi puing-puing.

Baca Juga: Presiden Zelenskyy Harap G20 Bisa Selesaikan Perang Rusia-Ukraina

1. Zelenskyy mengunjungi bangunan yang rusak

Kantor Presiden Ukraina mengunggah foto yang memperlihatkan Zelenskyy mengenakan rompi anti peluru dan sedang melihat bangunan yang hancur parah di Kharkiv.

“Anda mempertaruhkan hidup Anda untuk kami semua dan negara,” situs kantor presiden mengutip Zelenskyy yang berbicara kepada tentara Ukraina, dilansir Al Jazeera, Selasa (31/5/2022).

Zelenskyy juga diketahui membagikan hadiah kepada tentara Ukraina, meski tak dirinci apa hadiah tersebut.

2. Zelenskyy melakukan perjalanan ke kota-kota yang diserang Rusia

Presiden Ukraina Zelenskyy Kunjungi Kota Kharkiv untuk Pertama Kali Seorang tentara Ukraina berdiri di tank Rusia yang ditangkap, satunya diwarnai dengan warna bendera nasional Ukraina dan yang lainnya dengan huruf "Z", di tengah invasi Rusia ke Ukraina, di utara Kharkiv, Ukraina, Jumat (4/3/2022). Foto diambil tanggal 4 Maret 2022. (ANTARA FOTO/Irina Rybakova/Press Service of the Ukrainian Ground Forces/Handout via REUTERS/WSJ/cfo)

Selain Kharkiv, Zelenskyy juga mengunjungi kota-kota kecil yang ikut terdampak gempuran Rusia. Kunjungannya juga mengirimkan pesan kuat bahwa Ukraina tetap teguh melawan Moskow.

“Tentu saja risiko diperhitungkan, untuk menggambarkan bahwa negara ini masih kuat melawan Rusia di berbagai kota,” ujar dia lagi.

Zelenskyy juga bertemu dengan pejabat lokal, yaitu gubernur dan wali kota Kharkiv selama kunjungan ini dan membahas program rekonstruksi wilayah tersebut.

3. Sebanyak 31 persen wilayah Kharkiv diduduki Rusia

Presiden Ukraina Zelenskyy Kunjungi Kota Kharkiv untuk Pertama Kali Tentara Ukraina terlihat di samping kendaraan lapis baja yang hancur, yang menurut mereka milik tentara Rusia, di luar Kharkiv, Ukraina, Kamis (24/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Maksim Levin

Kota Kharkiv adalah kota terbesar kedua di Ukraina setelah Kiev. Kota itu berada di dekat perbatasan Rusia. Ketika Rusia melancarkan invasi, pasukan Presiden Vladimir Putin hampir mengepung kota tersebut dan membombardirnya.

Rusia mengklaim berhasil menduduki 31 persen wilayah Kharkiv. Sementara, Ukraina mengklaim 5 persen wilayah telah berhasil direbut.

Desa-desa yang berhasil dibebaskan oleh pasukan Ukraina adalah Cherkaski Tyshky, Ruski Tyshki, Borshchova, dan Slobozhanske. Semua desa itu berada di kantong utara Kharkiv.

Baca Juga: Bos Militer Rusia di Kherson Larang Warga Pergi ke Wilayah Ukraina

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya