Comscore Tracker

Proses Pemakaman Shinzo Abe Digelar Hari Ini, Dihadiri 4.300 Tamu

Upacara digelar di Nippon Budokan Tokyo

Jakarta, IDN Times - Pemakaman kenegaraan eks Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, digelar hari ini. Pelepasan terakhir mantan orang nomor satu di Jepang ini dihadiri oleh sekitar 4.300 tamu, termasuk 700 orang pejabat luar negeri.

Upacara ini digelar di Nippon Budokan yang pernah menjadi lokasi Olimpiade dan sejumlah konser.

Sebagai informasi, Abe ditembak oleh laki-laki tak dikenal saat berpidato di Prefektur Nara pada 8 Juli 2022 yang lalu. Abe meninggal di usia 67 tahun. Ia sempat mendapat perawatan akibat gagal jantung usai ditembak, dan sempat mendapat transfusi darah.

1. Upacara dimulai pada siang hari

Proses Pemakaman Shinzo Abe Digelar Hari Ini, Dihadiri 4.300 TamuSeorang pelayat menaruh tandatangannya di depan foto potret mendiang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di sebuah altar di markas Besar Partai Demokrat Liberal (LDP), di Tokyo, Jepang pada Senin (11/7/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato)

Dilansir dari Strait Times, Selasa (27/9/2022), upacara kenegaraan dilaksanakan pada pukul 14.00 waktu setempat. Prosesi diawali dengan kendi berisi abu Abe yang ditutupi kain dan dibawa ke aula Budokan oleh istrinya, Akie Abe.

Beriringan dengan prosesi, ditampilkan pula sejumlah video yang menunjukkan kiprah Abe saat menjadi perdana menteri dan juga kehidupannya bersama keluarga.

Baca Juga: Protes Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe, Pria Jepang Nekat Bakar Diri

2. Dihadiri oleh para pemimpin negara

Upacara kenegaraan Abe ini dihadiri oleh sejumlah pemimpin negara sahabat Jepang, antara lain Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, dan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, juga menjamu para pemimpin negara yang datang ke Tokyo untuk melayat Abe.

Sekitar 218 perwakilan dari negara dan organisasi internasional dilaporkan hadir dalam upacara kenegaraan ini.

3. Indonesia diwakili Wapres Ma’ruf Amin

Proses Pemakaman Shinzo Abe Digelar Hari Ini, Dihadiri 4.300 TamuANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berangkat ke Tokyo, Jepang, untuk menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan pada 25 September 2022 kemarin.

Ma’ruf dan istrinya Wury dilaporkan juga berada di Nippon Budokan hari ini untuk mengikuti prosesi upacara kenegaraan Abe.

Usai menghadiri prosesi pemakaman Shinzo Abe, pukul 18.13 waktu setempat, Ma'ruf diagendakan menghadiri Greeting Occasion dengan Kishida di Istana Akasaka.

Selanjutnya, pada Rabu (28/9/2022), Ma'ruf Amin dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Baca Juga: Warga Makassar Sampaikan Duka Cita atas Kematian Shinzo Abe

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya