Ratu Denmark Margrethe II Mengundurkan Diri

Posisi Margrethe akan diganti Putra Mahkota Frederik

Jakarta, IDN Times - Ratu Denmark, Margrethe II, mengumumkan ia bakal mengundurkan diri per 14 Januari 2024. Pengumuman ini ia kabarkan dalam pidato Tahun Baru kemarin.

Dilansir dari CNN, Selasa (2/2/2024), Margrethe telah berkuasa selama 52 tahun. Dengan mundurnya Margrethe, nantinya Kerajaan Denmark bakal dipimpin Putra Mahkota Frederik.

“Saya akan menyerahkan takhta kepada putra saya, Putra Mahkota Frederik,” kata Margrethe II.

Baca Juga: Denmark Akhirnya Sahkan RUU yang Larang Penodaan Kitab Suci

1. Pemimpin kerajaan Eropa terlama

Margrethe yang berusia 83 tahun saat ini merupakan satu-satunya ratu yang memimpin kerajaan dan pemimpin terlama di Eropa yang masih hidup.

Margrethe sendiri naik takhta setelah kematian Raja Frederik IX pada 1972, yang merupakan ayahnya.

2. Undur diri karena kondisi kesehatan

Dalam pidatonya, Margrethe mengungkapkan, pengunduran dirinya terkait dengan kondisi kesehatan dirinya. Ia sempat menjalani operasi punggung pada awal 2023.

“Operasi ini memunculkan pemikiran tentang masa depan, sudah tiba waktunya untuk menyerahkan tanggung jawab ke generasi berikutnya,” ungkap dia.

Baca Juga: 10 Potret Margrethe II, Sosok Ratu Denmark yang Curi Perhatian

3. Tidak ada upacara penobatan Frederik

Tidak sama dengan tradisi Inggris, pengangkatan Putra Mahkota Frederik nanti tidak bakal disertai dengan upacara penobatan.

Penobatan hanya akan diumumkan di Kastil Amalienborg di ibu kota Kopenhagem. Selain menjadi Raja, Frederik juga bakal menjadi kepala negara di Greenland dan Kepulauan Faroe.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya