Rayakan Ultah Kim Il Sung, Korut Bertabur Kembang Api  

Kim Il Sung merupakan pendiri Korea Utara

Jakarta, IDN Times - Korea Utara (Korut) mengadakan perayaan ulang tahun ke-110 Kim Il Sung, yang merupakan pendiri negara tersebut sekaligus kakek dari pemimpin Kim Jong Un. Perayaan ini digelar pada Jumat 15 April 2022, yang merupakan tanggal lahir dari Kim Il Sung.

Kim Il Sung sendiri telah meninggal pada 1994. Jasadnya diawetkan dan disemayamkan di Istana Matahari Kumsusan di pinggiran Pyongyang.

Baca Juga: Bikin Heboh, Cheerleader Korut Kenakan topeng Bergambar Kim Il-sung

1. Korut bertabur kembang api

Rayakan Ultah Kim Il Sung, Korut Bertabur Kembang Api  unsplash

Kembang api mewarnai langit Pyongyang untuk merayakan hari lahir Kim Il Sung. Sementara itu, warga Korut beramai-ramai berkumpul di Lapangan Kim Il Sung dengan tetap memakai masker.

Dilansir dari Yonhap, Sabtu 16/4/2022, Pyongyang juga mengadakan acara pemuda di alun-alun pada jam 7 malam waktu setempat. Kembang api juga dinyalakan di tepi Sungai Taedong, yang berpusat di Menara Ide Juche di Pyongyang. Acara peringatan ulang tahun ini akan berlangsung hingga Minggu.

Baca Juga: Kim Jong un Pastikan Korut Rancang Senjata Nuklir yang Lebih Kuat 

2. Korut sepi parade militer

Rayakan Ultah Kim Il Sung, Korut Bertabur Kembang Api  businessinsider.com

Biasanya, Korut menandai acara ulang tahun Kim Il Sung, Kim Jong Il bahkan Kim Jong Un dengan parade politik. Namun, tidak untuk tahun ini.

Otoritas militer dan intelijen Korea Selatan (Korsel) meyakini tidak ada parade militer kemarin. Namun, sumber pemerintah Korsel mengatakan, kemungkinan ada rapat besar pada malam harinya.

Baca Juga: Kim Jong Un Minta Propaganda Korea Utara Digalakkan

3. Korut juga peringati ulang tahun Kim Jong Il

Rayakan Ultah Kim Il Sung, Korut Bertabur Kembang Api  pixabay/Chickenonline

Sebelum peringatan hari ulang tahun Kim Il Sung, pada 16 Februari lalu, Korut terlebih dahulu sudah merayakan hari ulang tahun Kim Il Sung, ayah dari Kim Jong Un.

Ulang tahun Kim Jong Il juga menjadi hari penting bagi Korut. Kim Jong Il meninggal pada akhir 2011 dan langsung digantikan oleh anaknya, Kim Jong Un. Sama seperti peringatan kemarin, kala itu juga tak tampak parade militer untuk peringatan ulang tahun Kim Jong Il.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya