RI Minta Bantuan Filipina Evakuasi WNI dari Konflik Israel

Filipina memiliki kedutaan di Tel Aviv, Israel

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi meminta bantuan Filipina untuk proses evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari wilayah konflik Palestina-Israel, jika diperlukan.

Hal ini Retno ungkapkan ketika berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo.

“Permintaan Menlu Retno langsung ditanggapi oleh Menlu Filipina dengan menginstruksikan tim Filipina di lapangan. Filipina sendiri memiliki kedutaan besar di Tel Aviv, Israel,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhamad Iqbal, Selasa (10/10/2023).

1. Upaya saling membantu evakuasi Indonesia dan Filipina

RI Minta Bantuan Filipina Evakuasi WNI dari Konflik IsraelMenteri Luar Negeri Filipina, Enrique Manalo. (IDN Times/Sonya Michaella)

Indonesia dan Filipina kerap saling membantu terkait evakuasi warganya. Sebelumnya Indonesia membantu evakuasi warga Filipina dari Yaman (2015), Kabul (2021) dan Sudan (2023).

“Pemerintah Indonesia melakukan semua upaya yang dapat dilakukan dan melalui berbagai jalur guna memberikan perlindungan kepada WNI dan untuk menghentikan kekerasan sesegera mungkin,” ujar Iqbal menegaskan.

Baca Juga: Palestina: Hak Bela Diri Israel Hanya Alasan untuk Membunuh

2. Perlu disepakati koridor kemanusiaan

RI Minta Bantuan Filipina Evakuasi WNI dari Konflik IsraelAksi protes penduduk Gaza di wilayah pesisir Jalur Gaza (Twitter/Warda_GazaPal)

Sebelumnya, Iqbal mengatakan bahwa Indonesia telah melakukan komunikasi dengan Brasil dan Organisasi Kerja Islam (OKI) terkait konflik Palestina dan Israel yang kembali berkobar saat ini. Brasil saat ini memegang Presiden Dewan Keamanan PBB.

“Indonesia berkomunikasi dengan Brasil mengenai perlunya upaya menghentikan kekerasan dan menyepakati koridor kemanusiaan dan Indonesia juga telah melakukan komunikasi dengan OKI soal hal tersebut,” kata Iqbal.

3. Indonesia minta WNI segera tinggalkan Palestina dan Israel

RI Minta Bantuan Filipina Evakuasi WNI dari Konflik Israel(Ilustrasi di jalur Gaza) ANTARA FOTO/ REUTERS / Mohammed Salem

Pemerintah Indonesia kini telah meminta agar seluruh WNI yang ada di Palestina maupun Israel untuk segera meninggalkan wilayah tersebut.

“Menimbang situasi keamanan terakhir dan demi keselamatan para WNI, pemerintah Indonesia menghimbau agar WNI yang berada di wilayah Palestina maupun Israel segera meninggalkan wilayah tersebut,” sebut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri RI.

“Bagi yang sudah merencanakan perjalanan ke kedua wilayah tersebut untuk membatalkan rencananya  hingga adanya pemberitahuan lebih lanjut dari pemerintah,” lanjut pernyataan Kemlu RI.

Baca Juga: Two State Solution Satu-satunya Solusi Konflik Palestina-Israel

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya