Saingi Rudal Patriot AS, Rusia Mau Uji Rudal Antarbenua? 

Kemenhan Rusia unggah video bentuk rudal antarbenua Yars

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pertahanan Rusia baru-baru ini mengunggah video rudal balistik antarbenua milik Rusia dipasang di hulu ledak. Video ini diunggah beberapa hari setelah muncul laporan bahwa Amerika Serikat (AS) sedang bersiap untuk mengirim sistem pertahanan udara Patriot ke Ukraina.

Namun, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, tak ingin berkomentar terkait rumor pengiriman sistem Patriot AS ini.

1. Rudal Yars yang punya hulu ledak nuklir

Dilansir dari Business Insider, Jumat (16/12/2022), Kemenhan Rusia menunggah video tersebut di media sosial Telegram. Mereka mengklaim rudal ini adalah rudal Yars.

Dalam video tersebut, Kemenhan Rusia menunjukkan bahwa rudal balistik antarbenua itu ditempatkan di sebuah peluncur silo di Kozelsk, sebuah kota di Rusia barat.

Rudal yang disebut Yars ini disebut memiliki hulu ledak nuklir. Rusia sebelumnya pernah menembakkan Yars pada Oktober 2022 sebagai bagian dari uji coba.

Baca Juga: AS, Korsel, Jepang Bertemu di Jakarta Bahas Rudal Korut 

2. Rusia bakal tambah frekuensi uji coba rudal

Saingi Rudal Patriot AS, Rusia Mau Uji Rudal Antarbenua? ilustrasi kendaraan peluncur rudal Rusia (Facebook.com/Минобороны России)

Selain itu, Rusia juga mengklaim bakal meningkatkan jumlah peluncuran uji coba rudal balistik antarbenua pada tahun depan.

Komandan Pasukan Strategis Rusia, Sergey Karakayev mengatakan bahwa uji coba akan digelar di dua lokasi yaitu Murmansk dan Volgograd.

3. AS dalam tahap akhir pengiriman rudal Patriot

Dalam laporan New York Times dan CNN, AS disebut sedang dalam tahap akhir mempersiapkan rudal Patriot ke Ukraina. Paling cepat pengiriman akan diteken pada pekan ini.

Awalnya Rusia menolak berkomentar. Namun baru-baru ini, Rusia mengatakan bahwa sistem rudal Patriot bisa menjadi target yang cocok.

Baca Juga: Ghana: Burkina Faso Sewa Tentara Rusia, Dibayar Konsesi Tambang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya