Tak Ada WNI Jadi Korban Gempa Kazakhstan

Gempa berpusat di Xinjiang, China

Jakarta, IDN Times - KBRI Astana menyampaikan bahwa tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban jiwa dalam gempa berkekuatan Magnitudo 7,1 yang terjadi di Almaty, Kazakhstan.

“Sejak malam tadi sudah berhubungan dengan semua warga negara Indonesia yang umumnya ada di Kota Almaty dan Astana, semuanya dalam kondisi selamat dan sehat,” kata Duta Besar RI untuk Kazakhstan, Fadjroel Rachman, dikutip dari ANTARA, Selasa (23/1/2024).

Fadjroel menambahkan, KBRI terus memantau perkembangan lebih lanjut soal gempa susulan yang dikhawatirkan terjadi, serta memantau para WNI yang ada di Almaty dan Astana.

1. WNI diimbau waspada

Selain itu, Fadjroel juga mengimbau agar para WNI di Kazakhstan berjaga-jaga dan terus memberikan informasi ke KBRI Astana.

“Supaya KBRI bisa segera bertindak bila terjadi hal tak diinginkan yang dialami para WNI di Kazakhstan,” ucap Fadjroel.

Baca Juga: Gempa M 7,0 Guncang Xinjiang China, Terasa Sampai India

2. Pusat gempa ada di Xinjiang

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,0 mengguncang China, tepatnya di pegunungan perbatasan China dan Kirgistan pada hari ini.

Setidaknya, tiga orang terluka akibat gempa yang terjadi di wilayah Uighur, Xinjiang, dengan kedalaman 13 kilometer ini

Dilansir dari Channel News Asia, gempa ini terjadi pada pukul 02.00 dini hari waktu setempat. Tak lama setelah itu, terjadi gempa susulan dengan kekuatan Magnitudo 5,5 dan Magnitudo 5,1.

3. Terasa sampai India dan Kazakhstan

Saluran televisi lokal di India melaporkan bahwa gempa yang terjadi di perbatasan China tersebut juga terasa sampai India.

Pihak berwenang di Kazakhstan juga melaporkan adanya gempa yang terasa sampai wilayahnya, tertuama di Kota Almaty.

Baca Juga: AS Kerahkan Militer untuk Bantu Pemulihan Jepang Usai Gempa

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya