Taliban Lepas Tembakan di Perbatasan Pakistan, 6 Warga Tewas 

Selain itu, 10 orang juga terluka

Jakarta, IDN Times - Ketegangan antara Afghanistan dan Pakistan kembali terjadi. Baru-baru ini, pasukan Taliban yang mendiami perbatasan Pakistan melepaskan tembakan dan menewaskan enam warga sipil.

Selain itu, lebih dari 12 orang terluka akibat tembakan yang disebut militer Pakistan ini tidak beralasan.

1. Pakistan langsung kontak pihak Afghanistan

Taliban Lepas Tembakan di Perbatasan Pakistan, 6 Warga Tewas Tentara Pakistan berjaga saat warga menyeberang ke Afghanistan, di pos penyeberangan Friendship Gate di kota perbatasan Paksitan-Afghanista, Chaman, Pakistan, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Abdul Khaliq Achakzai/FOC/djo

Militer Pakistan mengecam keras penembakan warga sipil di dekat kota Chaman, Provinsi Balochistan ini.

“Pakistan telah mengontak pihak berwenang Afghanistan di Kabul untuk penanganan kasus ini,” kata militer Pakistan, dikutip dari Channel News Asia, Senin (12/12/2022).

Baca Juga: Taliban Eksekusi Mati Warga Afghanistan di Depan Publik 

2. Telah terjadi bentrokan sebelumnya

Taliban Lepas Tembakan di Perbatasan Pakistan, 6 Warga Tewas Warga tiba dari Afghanistan di pos perlintasan Friendship Gate di kota perbatasan Pakistan-Afghanistan, Chaman, Pakistan, Minggu (15/8/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Saeed Ali Achakzai.

Seorang juru bicara kepolisian di Provinsi Kandahar membenarkan bahwa memang ada bentrokan sebelum terjadi penembakan tersebut.

Bentrokan terjadi setelah pasukan Taliban mencoba memotong sebagian pagar yang terletak di perbatasan kedua negara tersebut.

Perbatasan Chaman ini memang kerap diwarnai oleh bentrokan antara penjaga keamanan Afghanistan dan Pakistan.

3. Ketegangan meningkat sejak Taliban berkuasa

Taliban Lepas Tembakan di Perbatasan Pakistan, 6 Warga Tewas Pasukan Taliban berpatroli di sebuah landasan sehari setelah penarikan pasukan Amerika Serikat dari Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afganistan, Selasa (31/8/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer.

Sementara itu, sejak Taliban mengambilalih kekuasaan Afghanistan, ketegangan di perbatasan pun meningkat. Pakistan menuding ada kelompok militan yang disokong Afghanistan dan berencana menyerang.

Namun tudingan ini dibantah oleh Taliban. Sebaliknya, mereka kesal karena Pakistan mendirikan pagar sepanjang 2.700 kilometer di perbatasan dua negara.

Baca Juga: Taliban Tangkap Anggota ISIS yang Serang Kedubes Pakistan 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya