Taliban Tangkap Anggota ISIS yang Serang Kedubes Pakistan 

Sasaran utama ISIS adalah duta besar Pakistan

Jakarta, IDN Times - Taliban melaporkan penangkapan anggota militan Islamic State or Iraq and Syria (ISIS) yang menjadi dalang pengeboman Kedutaan Besar Pakistan di Kabul, Afghanistan beberapa hari lalu.

Seorang penjaga keamanan Pakistan terluka dalam serangan itu. Menurut pemerintah Pakistan, ISIS berupaya menyerang duta besar mereka.

1. Taliban menangkap tersangka pengeboman

Taliban Tangkap Anggota ISIS yang Serang Kedubes Pakistan Pasukan Taliban berjaga sehari setelah penarikan pasukan Amerika Serikat dari Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afganistan, Selasa (31/8/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer.

Taliban menyatakan telah menangkap seorang tersangka dan menemukan dua senjata. Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, menyebutkan bahwa orang itu adalah anggota ISIS.

"Di balik serangan ini, ada 'tangan' sejumlah kelompok asing dan tujuan mereka yakni menciptakan ketidakpercayaan antara dua negara bersaudara itu," kata Mujahid, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (6/12/2022).

Namun, Taliban tidak mengungkapkan warga negara mana yang dipegang oleh anggota ISIS tersebut.

Baca Juga: Kedubes Pakistan Diserang ISIS, PM Sharif: Tindakan Teroris Pengecut!

2. Kedubes Pakistan di Kabul tetap buka

Taliban Tangkap Anggota ISIS yang Serang Kedubes Pakistan Ilustrasi kelompok militan ISIS (IDN Times/Arief Rahmat)

Otoritas Pakistan menjelaskan, mereka tidak berniat untuk menutup Kedubes dan kepala misi mereka sedang berada di Pakistan untuk melakukan konsultasi.

Sebelumnya, Pakistan melaporkan bahwa mereka sedang berkonsultasi dengan otoritas Afghanistan untuk memverifikasi laporan tentang ISIS, yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

3. ISIS menyatakan bertanggung jawab atas serangan

Taliban Tangkap Anggota ISIS yang Serang Kedubes Pakistan Ilustrasi ISIS, Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan di kompleks Kedubes Pakistan di Kabul. Dalam sebuah pernyataan, cabang regional ISIS menjelaskan telah menyerang duta besar dan pengawalnya yang dianggap murtad.

Sementara itu, Pakistan memang tidak secara resmi mengakui pemerintahan Taliban yang saat ini menguasai Afghanistan. Namun, Islamabad tetap membuka kedutaannya di Kabul dan mempertahankan misi diplomatiknya secara penuh.

Baca Juga: ISIS Umumkan Pemimpin Baru Usai Kematian Abu Hassan dalam Pertempuran

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya