Tesla Disebut Bakal Bangun Pabrik di India, Indonesia Gimana?

Elon Musk bertemu dengan PM India Narendra Modi

Jakarta, IDN Times - Indonesia tampaknya harus gigit jari lagi karena Elon Musk justru bakal membangun pabrik mobil Tesla di India. Hal ini diungkapkan Musk ketika bertemu dengan Perdana Menteri India Narenda Modi, pekan ini, di Amerika Serikat (AS).

“Saya yakin Tesla akan berdiri di India dan proses ini akan dilakukan secepat mungkin,” kata Musk, dikutip dari Nikkei Asia, Jumat (23/6/2023).

Musk merupakan satu dari belasan pebisnis dan investor yang bertemu dengan Modi di sela-sela kunjungannya ke AS.

1. Elon Musk ungkap rencana kunjungan ke India

Selain itu, Musk juga mengungkapkan keinginannya untuk berkunjung ke India tahun depan.

“Saya berterima kasih kepada PM India atas dukungannya dan berharap ada sesuatu yang baru yang bisa diumumkan dalam waktu dekat,” ucap Musk.

“India jauh lebih besar menjanjikan dibanding negara besar lain di dunia. Modi juga mendorong kami untuk berinvestasi di India. Kita tinggal cari waktu yang pas,” tutur Musk lagi.

Baca Juga: Tesla Buka Kantor di Malaysia, Begini Respons Menko Luhut

2. Ada potensi India untuk kendaraan listrik

Tesla Disebut Bakal Bangun Pabrik di India, Indonesia Gimana?Bangunan Taj Mahal di New Delhi, India. (Pixabay.com/wiganparky0)

Sementara itu, Musk juga memaparkan potensi India terkait kendaraan listrik, pengembangan baterai dan tenaga surya.

Tesla sendiri masih menggodok lokasi yang ditawarkan India untuk dibangun pabrik Tesla. Musk juga sempat India merupakan lokasi yang menarik.

3. Tesla dirayu untuk bangun pabrik di Indonesia

Tesla Disebut Bakal Bangun Pabrik di India, Indonesia Gimana?Kemenko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (dok. TAM)

Namun, rencana Tesla membangun pabrik di Indonesia hingga kini masih belum jelas. Pada Januari 2023 lalu, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan rencana Tesla membangun pabrik mobil listrik di Indonesia sudah memasuki tahap finalisasi.

Tesla tak sendiri, ada produsen mobil listrik terbesar di dunia lainnya yang akan mendirikan pabrik di Indonesia, termasuk di antaranya adalah BYD asal China. Sementara Hyundai sudah lebih dulu menanamkan modalnya di dalam negeri.

Baca Juga: 7 Kelebihan Tesla Model Y, SUV Listrik Terbaru dari Tesla

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya