Comscore Tracker

Tur ke 3 Negara Besar Asia, Menlu RI: Kepemimpinan Jokowi Dipuji 

Jokowi berkunjung ke China, Jepang, dan Korsel

Jakarta, IDN Times - Mengunjungi tiga negara di Asia Timur yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan, Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo mendapat pujian dari ketiga pemimpin negara tersebut.

“Bukti dari kunjungan kali ini, Presiden Jokowi berhasil memperkokoh kerja sama terutama dalam isu ekonomi,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (28/7/2022).

Menlu Retno menambahkan, pendekatan kerja sama yang digunakan Presiden Jokowi adalah pendekatan terbuka, inklusif dan saling menguntungkan.

Baca Juga: Jokowi Kantongi Komitmen Investasi 5,2 Miliar Dolar AS dari Jepang 

1. Kepemimpinan Jokowi diapresiasi di tengah krisis dunia

Tur ke 3 Negara Besar Asia, Menlu RI: Kepemimpinan Jokowi Dipuji Presiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Jepang, Kishida Fumio di kantor PM Jepang (dok. Sekretariat Presiden)

Selain itu, lanjut Menlu Retno, kepemimpinan Jokowi juga diapresiasi di tengah ketidakpastian kawasan dan global.

"Ketiga pemimpin mengapresiasi peran dan kontribusi serta kepemimpinan Presiden Jokowi terhadap perdamaian dunia," ucap Menlu Retno lagi.

"Di tengah dunia penuh rivalitas, Indonesia justru memperkuat rajutan persahabatan dan kerja sama konkret dengan negara-negara di dunia," lanjut dia.

2. Jokowi bertemu Presiden Korsel dan sejumlah CEO

Tur ke 3 Negara Besar Asia, Menlu RI: Kepemimpinan Jokowi Dipuji Presiden Jokowi bertemu Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi juga melakukan pertemuan dengan sejumlah CEO perusahaan Korea Selatan (Korsel) di Lotte Hotel, Seoul, Korea Selatan, hari ini. 

Setelah itu, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korsel Yoon Suk Yeol. Dalam pertemuan ini, Indonesia dan Korsel sepakat untuk melebarkan sejumlah kerja sama ekonomi. 

Seoul menjadi tujuan terakhir dari tur Asia Timur orang nomor satu di Indonesia ini, setelah Beijing dan Tokyo.

Dalam pertemuan dengan CEO Korsel, Jokowi mengajak mereka untuk berinvestasi di Indonesia. Menurutnya, iklim investasi di Indonesia dalam keadaan kondusif.

"Saya tadi tidak mendengarkan keluhan-keluhan yang berat yang mungkin terjadi di lapangan. Tetapi apabila ada masalah-masalah tolong disampaikan kepada Menteri Investasi Pak Bahlil atau kepada Pak Menko Maritim dan Investasi, kalau ada masalah. Kalau mentok berdua ini tidak bisa menyelesaikan bisa ke saya, baik yang berkaitan dengan izin-izin, baik yang mungkin berkaitan dengan imigrasi dan lain-lainnya," ujar Jokowi dalam keterangannya.

3. Dukungan penuh keketuaan Indonesia di G20 dan ASEAN

Tur ke 3 Negara Besar Asia, Menlu RI: Kepemimpinan Jokowi Dipuji upacara pembukaan G20 Indonesia (g20.org)

Selain itu, Menlu Retno juga mengatakan bahwa ketiga pemimpin menyampaikan dukungan penuh atas presidensi Indonesia di G20 dan keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun depan.

"Indonesia mempertimbangkan posisi strategis ketiga negara tersebut di ASEAN, di mana Indonesia menjadi ketua pada tahun depan," ucap Menlu Retno.

Baca Juga: Chairman Hyundai Bilang ke Jokowi Mau Ekspansi Mobil Listrik di RI

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya