Utusan AS ke Korsel, Bahas Rudal Korut yang kian Menggila

Utusan AS untuk Korut, Sung Kim mengunjungi Seoul.

Jakarta, IDN Times - Utusan Amerika Serikat (AS) untuk Korea Utara (Korut) Sung Kim, mengunjungi Korea Selatan (Korsel). Sung Kim akan bertemu dengan Noh Kyu-duk dari Korsel dan sejumlah pejabat lainnya.

Kunjungan Sung Kim ini utamanya untuk membahas serangkaian peluncuran rudal balistik Korut yang kian agresif dalam beberapa pekan terakhir.

Baca Juga: Korut Uji Senjata Taktis Baru, Mampu Bawa Hulu Ledak Nuklir

1. AS pantau kegiatan Korut

Utusan AS ke Korsel, Bahas Rudal Korut yang kian MenggilaPertemuan Kim Jong-un didampingi adiknya, Kim Yo-jong, bersama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Panmunjom untuk membahas perdamaian Semenjung Korea, pada 27 April 2018. twitter.com/BonicMichael

Sung Kim mengatakan, AS dan Korsel terus berkoordinasi untuk memantau kegiatan Korut, terutama rencana peluncuran rudal balistik terbaru.

“Kami tentu saja prihatin terhadap tindakan Korut. Kami bekerja sama untuk menanggapi secara tegas perilaku provokatif itu,” kata Noh Kyu-duk, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga: Bikin Makin Parno! Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Lagi

2. Korut sebut latihan AS-Korsel adalah latihan perang

Utusan AS ke Korsel, Bahas Rudal Korut yang kian MenggilaKapal Perang Korea Selatan dan Amerika Serikat sedang mengikuti Latihan Foal Eagle/Key Resolve pada tahun 2013 lalu. twitter.com/USPacificFleet

Kedatangan Kim dan wakilnya, Jung Pak, bertepatan dengan dimulainya latihan militer gabungan tahunan oleh pasukan AS dan Korsel. Korut menyebut bahwa latihan gabungan AS dan Korsel adalah latihan perang untuk menghadapi Pyongyang.

Kim menegaskan, ia terbuka untuk berbicara dengan Korut kapan saja dan tanpa syarat. Tetapi, sejauh ini, Korut menolak tawaran itu. Korut juga menuduh Washington mempertahankan kebijakan bermusuhan seperti adanya sanksi dan latihan militer.

Baca Juga: Korea Utara Kembali Luncurkan Rudal Balistik, Jarak Terjauh sejak 2017

3. Korut uji coba senjata taktis

Utusan AS ke Korsel, Bahas Rudal Korut yang kian MenggilaInstagram

Korut kembali melakukan uji senjata taktis baru yakni sebuah rudal berpemandu pada Sabtu petang. Ini adalah uji rudal Korut yang ke-13 sejak awal tahun 2022 ini.

Pemimpin Korut Kim Jong Un ikut melihat uji senjata itu dan tersenyum serta memberikan tepuk tangan. Dua senjata taktis terbaru itu diluncurkan ke perairan di sebelah timur Semenanjung Korea.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya