Wamenlu Polandia: Indonesia Mitra Spesial bagi Kami

Wamenlu Polandia menyebut ekonomi RI melaju pesat

Jakarta, IDN Times - Wakil Menteri Luar Negeri Polandia Wojciech Gerwel menyebut Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang merupakan mitra penting dan spesial bagi negaranya.

"Kami melihat Indonesia adalah mitra spesial, mitra penting kami di Asia Tenggara. Hubungam bilateral dan diplomatik kami bahkan sudah menginjak 68 tahun," kata Gerwel dalam paparannya di FPCI Public Lecture, di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Ia juga melihat kesempatan bekerja sama yang terbuka antara Polandia dan Indonesia juga semakin lebar.

Baca Juga: Polandia Deteksi Objek Misterius dari Belarus

1. Pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup pesat

Wamenlu Polandia: Indonesia Mitra Spesial bagi KamiWakil Menteri Luar Negeri Polandia, Wojciech Gerwel. (IDN Times/Sonya Michaella)

Gerwel juga mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini.

"Saya pikir peluangnya luar biasa besar terkait pertumbuhan ini jika kita melebarkan kerja sama. Ada bidang-bidang tertentu yang kami inginkan untuk berkembang lebih lebar lagi," ungkap dia.

Ia mengatakan bahwa ekonomi Polandia pun kini cukup mengalami pertumbuhan tanpa mengalami resesi yang berat seperti yang dialami beberapa negara Eropa lainnya.

2. Semangat berbisnis yang ada di Indonesia

Wamenlu Polandia: Indonesia Mitra Spesial bagi KamiGedung-gedung perkantoran yang menjulang tinggi di sekitar kawasan Merlion Park, Singapura. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sementara itu, Gerwel melihat bahwa ada semangat berbisnis dan kewirausahaan yang cukup tinggi dari Indonesia.

Hal yang sama juga terjadi di Polandia di mana kerja sama ekonomi dan investasi menjadi salah satu yang ditonjolkan.

3. Polandia merupakan negara di Eropa Tengah yang makmur

Wamenlu Polandia: Indonesia Mitra Spesial bagi KamiWarsaw Uprising Museum (instagram.com/matzevahfoundation)

Polandia adalah salah satu negara di Eropa Tengah yang makmur. Rakyat negara itu memiliki kebanggaan terhadap warisan budaya, yang akarnya dapat dilacak sejak 1.000 tahun yang lalu.

Pada abad ke-16 dan ke-17, Polandia yang membentuk persemakmuran dengan Lithuania, menjadi negara terbesar dan terpadat di Eropa. Memasuki abad ke-20, Polandia menjadi salah satu wilayah paling berdarah di Eropa, negara yang diinvasi oleh Jerman dan Uni Soviet.

Kini Polandia adalah salah satu anggota NATO paling timur Eropa, berbatasan dengan Belarusia dan Ukraina. Belarusia adalah sekutu utama Rusia dan Ukraina kini sedang terlibat perang dengan Rusia, karena Moskow tidak menginginkannya bergabung dengan NATO.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya